Media Berwawasan dan Berbudaya

Thursday, 21 November 2019

Potensi Kerajinan Batik Di Desa Tegal Jati Bisa Membuka Peluang Kerja Bagi Ibu Rumah Tangga

| Thursday, 21 November 2019


Ibu-ibu PKBM Jati Mas

BONDOWOSO, Wartaloha.com- Meski dusun itu sangat terpencil dan letaknya diapit antara Desa Sukosari kidul dan Desa Sumber Wringin Kecamatan Sumber Wringin, Kabupaten Bondowoso Jawa timur, namun dengan kegigihan seorang pria tangguh mampu melihat peluang bisnis dengan memanfaatkan potensi keterampilan tangannya membuat batik yang terdapat di satu dusun Bata timur.

Dulu, batik hanya dibuat kerajinan tangan yang dibuat ala kadarnya. Namun sejak di geluti selam 4 tahun lalu, melalui tangan dingin seorang pria yang bernama H.SUGIANTO, SE,M,Si, bisa menjadi peluang bisnis yang sangat besar,untuk mendatangkan pundi-pundi rupiah serta bisa membuka peluang kerja bagi, ibu rumah tangga.

Prospek kerajinan batik sangat besar. Apalagi batik termasuk kerajinan yang sangat rumit namun seiringnya waktu  berjalan serta kegigihan H.SUGIANTO batik mampu menyedot pembeli dan batik juga bisa mendatangkan rejeki buat pengrajin tersebut.

Hasil Batik Jati Mas

Pemerintah Desa

Proses Pembuatan Batik

Sebagai salah satu upaya pendorong kegiatan kerajinan batik yang sudah berjalan 4 tahun di Dusun bata timur kecamatan sumber wringi desa Tegal jati Jawa timur tersebut, H.SUGIATO  ada sosok peran penting yang selalu mendampingi. Ny. Nurul Hidayati, istri yang selalu memberi suport dan selalu mendukung berjalanya proses pembuatan batik.

Dari pantauan Awak Media, H. SUGIATO SE, "menjelaskan bahwa dirinya bisa berkembang sampai saat ini atas do'a dan dukungan dari orang tua,serta keluarga. Meski banyak rintangan dan ujian saya bisa terus berusaha bertahan sampai saat ini" ucapnya" (Nuzul)

Related Posts

No comments:

Post a Comment