Media Berwawasan dan Berbudaya

Thursday, 7 November 2019

Kondisi Ruangan Belajar Siswa SDN Bungku Manggarai Barat Sangat Memprihatinkan

| Thursday, 7 November 2019


Kondisi gedung sekolah SDN Bungku, desa Mbakung, kecamatan Macang Pacar, Mabar. 

Mabar, Wartaloha. Com- Dilansir pada laman facebook RM88,00FM, 05/11/2019:- Potret terbaru adalah kondisi gedung sekolah SDN Bungku, desa Mbakung, kecamatan Macang Pacar, Mabar. Kondisi gedungnya sangat memprihatinkan.

Kepada RM88,00FM, Kristiani L. Suet yang merupakan salah seorang guru yang mengajar di sekolah tersebut menjelaskan kondisi demikian.

"Di sekolah kami ini terdapat empat ruangan kelas saja. Tidak ada ruangan kantornya. Dalam satu ruangan kelas terdapat dua kelas yang gabung tetapi disekat (dipisahkan) pakai tripleks. Sedangkan dua ruangan lainya yaitu kelas satu dan kelas tiga ditempatkan di ruangan yang roboh," ungkap Kristiani.

Kristiani yang merupakan seorang guru yang telah lolos test CPNS pada tahun 2018 kemarin itu, mengaku sangat sedih dengan kondisi sekolah tempat dirinya mengajar tersebut. Namun semangat belajar dari siswa membuatnya semangat dalam aktivitas mengajarnya.

"Meskipun kondisi ruangan yang tidak memungkinkan, saya senang dan bangga melihat siswa dan siswi yang semangat belajar. Dan sebagai guru, kami tetap bersemangat dalam mengabdikan diri untuk mencerdaskan putra/putri Indonesia di wilayah terpencil seperti ini," lanjut Kristiani.
Dia menambahkan karena buruknya kondisi ruangan dan berlantaikan tanah, maka secara terpaksa para guru mewajibkan siswa untuk membawa air setiap hari untuk disiram agar mengurangi debu pada siang hari.

Kondisi Ruangan Sekolah bagian dalam

"Setidaknya dengan itu, kami dan para siswa sedikit merasa nyaman dalam kegiatan belajar mengajar. Tanpa kondisi ruangan yang nyaman, anak-anak pasti tidak fokus mendengarkan penjelasan guru," kata Kristiani.

Karena kondisi demikian, alumni STKIP St. Paulus yang sekarang berganti nama menjadi UNIKA tersebut meminta agar berbagai pihak yang peduli dengan kondisi sekolah bisa memberikan perhatiannya.

"Terutama pada pemerintah daerah agar bisa memberikan fasilitas belajar yang memadai di sekolah kami. Sehingga anak-anak boleh menikmati kegiatan KBM dengan baik," tutup Kristiani.
Secepatnya  wartaloha.com akan mencoba konfirmasi ke pihak dinas Pendidikan manggarai barat berkaitan dengan gedung sekolah yang sempat dimuat dalam lama facebook RM88,00FM tersebut.

Sumber: Laman facebook RM88,00FM

Related Posts

No comments:

Post a Comment