Media Berwawasan dan Berbudaya

Monday, 4 November 2019

Cara mudah Membuat Blog Gratis di Blogspot Untuk Pemula, Terbaru

| Monday, 4 November 2019
Salam blogger....!
Selamat datang di wartaloha.com

Pernahkah anda berpikir ingin menjadi penulis di media cetak atau media online?, Namun anda masih belajar menulis. Kenyataannya tulisan atau artikel yang anda buat dengan susah payah tetapi tidak dimuat media tersebut. Sebagai manusia pasti anda kesal. Dari pada anda kecewa, lebih baik membuat website atau sejenis blog yang gratisan yang bisa menuangkan ide dan gagasan dalam bentuk tulisan dan bisa bermanfaat untuk banyak orang (Pembaca). 

Diera perkembangan teknologi sekarang, saya sarankan ketika anda hobi menulis, masih banyak yang bisa anda lakukan. Salah satunya adalah membuat blog milik anda sendiri. Apalagi anda hobi menulis atau memang anda seorang penulis.

Oke, dalam tulisan yang sederhana ini, saya akan  membantu anda bagaimana cara membuat blog/website gratisan di blogger bukan wordpress. 

Saya percaya anda sudah memiliki alamat email di gmail, artinya anda bisa menggunakan gmail tersebut untuk membuat blog gratisan`

Ikuti langkah-langkah berikut ini dengan baik:

1. Silahkan anda siapkan komputer/laptop atau android, kemudian buka browser seperti google chrome, firefox atau browser lainnya yang ada di komputer anda, lalu kunjungi https://www.blogger.com. Lihat seperti pada gambar 1 di bawah ↓, kemudian silahkan klik.

Gambar. 1

2. Kemudian lihat gambar 2 dibawah, akan ada tulisan create new blog, silahkan anda klik pada tulisan tersebut. Maka muncul seperti gamba 2 dan 3. Ketik akun gmail anda untuk menuju tahap selanjutnya.

Gambar. 2

Gambar. 3

3. Setelah anda memasukan gmail pada kolom gambar 4 di bawah klik pada kalimat berikutnya. Catatan anda sudah punya alamat email di gmail (artinya anda tidak perlu membuat akun baru/gmail)

Gambar. 4

4. Ketika anda sudah pernah membuat blog//website dengan menggunakan gmail yang anda pakai mendaftar sekarang, maka tidak perlu mengisi formulir identitas anda di blogger. Apabila belum pernah silahkan isi sesuai petunjuk di blogger seperti langkah-langkah berikut ini:

Isilah formulir data Anda yang terlampir seperti:

Nama tampilan : isi dengan nama yang akan ditampilkan pada profile blog anda.
Jenis Kelamin : pilih jenis kelamin Anda, misalnya: Pria atau wanita
Penerimaan Persyaratan : Ceklis sebagai tanda anda setuju dengan peraturan yang telah di tetapkan oleh pihak blogger. Sebaiknya baca terlebih dahulu persyaratan dan ketentuan yang diberikan pihak blogger agar Anda mengerti.

5. Kemudian proses diatas selesai muncul tampilan seperti gambar  5 dan 6 di bawah ini, Klik bertuliskan “Lanjutkan”. Kemudian klik "Blog Baru", berikutnya tuliskan judul/isi blog sesuai yang anda inginkan dan tulis alamat blog sesuai dengan kemauan anda. lihat contoh pada gambar 5 dan 6 dibawah.

Gambar. 5

Gambar. 6
Catatan: Jangan lupa pilih template/tampilan gratis milik blogger, supaya blog anda kelihatannya menarik

6. Klik tulisan "buat blog", maka selanjutnya muncul seperti gambar 7 dibawah ini, selanjutnya klik lewatkan, maka akan tampil seperti gambar 8.

Gambar. 7

7. Kemudian tahap selanjutnya klik entri baru, membuat artikel ketik judulnya dan isi artikel sesuai dengan keinginan anda. ( lihat contoh pada gambar 8 dan 9.)

Gambar. 8

Gambar. 9

8. Sebelum artikel anda di publikasikan, jangan lupa membuat label seperti gambar 10, kemudian klik publikasikan. 

gambar. 10

Setelah langkah-langkah diatas selesai, maka dengan demikian anda sudah memiliki blog/website. Silahkan rajin membuat artikel agar blog anda berkembang lebih cepat dan bisa bermanfaat untuk pembaca. 

Demikian langkah-langkah membuat blog/website di blogger.com, masih ada tahap selanjutnya yaitu bagaimana pengaturan template/tampilan blog agar lebih menarik dan pengaturan bahasa, waktu dan deskripsi blog dan cara membuat blog mendaftar di google adsense agar mendapatkan penghasilan. 

Nantikan tulisan selanjutnya, semoga bermanfaat dan akhirnya silahkan anda berkomentar ketika ada hal-hal yang perlu dipertanyakan atau masukan juga bisa membantu saya dalam penyempurnaan tulisan ini.







Related Posts

No comments:

Post a Comment