Skip to main content

Cara Cepat Latihan Pramuka Untuk Anak Disabilitas (Rungu wicara)

Salam Pramuka Kakak-Kakak Pembina Pramuka dimanapun Anda berada!!

" Satyaku Ku Darmakan Darmaku Ku Baktikan"

Sebelum saya membahas bagaimana cara cepat melatih pramuka anak disabilitas, saya juga ingin menceritakan pengalaman melatih dan membina anggota pramuka khusus anak disabilitas (Tunarungu dan Tunawicara). Singkat cerita, awalnya saya diminta melatih pramuka di Balai Rehabilitas Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Rungu Wicara "Efata" Kupang Tahun 2019, pada saat itu saya sempat berpikir menolak tawaran tersebut, tetapi setelah berpikir, berdiam sejenak, pada akhirnya saya bersedia untuk menerima tawaran itu.

Tanpa berpikir panjang, saya langsung melatih mereka sesuai dengan metode dan teknik kepramukaan dan sesuai dengan pengalaman saya. Apa yang terjadi?, Saat melatih pada minggu pertama hampir-hampir saya kehilangan cara, beruntung pada saat latihan ada yang penerjemah bahasa isyarat yang bisa berkomunikasi dengan anggota pramuka disabilitas tersebut.

Pembina dan Anggota Pramuka "Rungu Wicara" Efata Naibonat Kupang

Dari permasalahan diatas, saya ingin berbagi tips awal dan cara cepat sebelum kakak-kakak pembina melatih dan membina anak disabilitas khusus Tunarungu dan tunawicara yaitu:

1. Percaya diri

Percaya diri sangat menentukan keberhasilan dan langkah awal anda dalam melakukan sesuatu. Percaya pada kemampuan anda di bidang kepramukaan. Tuangkan pengalaman anda dalam melatih, agar tidak kehilangan cara, oleh karena latihan pramuka dengan anak disabilitas berbeda jauh dengan latihan pramuka anak normal. Anak disabilitas membutuh sentuhan dan cara yang unik agar tidak kehilangan gairah mereka dalam berlatih. Saat bersamaan juga anda harus ramah dengan situasi yang dihadapi dalam berlatih. Tunjukan sikap anda kepada mereka, bahwa anda memiliki kemampuan dalam berlatih pramuka, sehingga dampaknya anak-anak disabilitas bergairah dan ramah dengan mereka.

2. Pelajari bahasa isyarat

Pelajari bahasa isyarat, seperti selamat pagi, selamat siang, salam pramuka dan bahasa isyarat (A- Z) dan lainnya. Memahami bahasa isyarat sangat menentukan apakah anda bisa berkomunikasi dengan anak disabilitas. Semua gerakan dan materi latihan pramuka disampaikan lewat bahasa isyarat. Sangat  fatal kalau kakak-kakak pembina tidak memahami bahasa isyarat tersebut. Minimal beberapa bahasa isyarat yang anda kuasai.

Latihan Semaphore Anggota Pramuka Rungu Wicara Efata Naibonat Kupang

Bahasa Isyarat A-z

2. Perbanyakkan game atau sejenis permainan yang menarik dan merangsang sensorik

Latihan pramuka untuk anak-anak disabilitas, perbanyakkan game yang bisa merangsang sensorik dan motorik mereka. Game atau permainan pilih sesuai dengan kondisi anak disabilitas. Misalnya game kucing mengejar tikus, game lompat vampir dan game lainya. Pelajari literatur atau game-game di youtube untuk mempermudah dan kalau tidak sesuai, anda mungkin bisa modifikasi game tersebut sesuai dengan anak disabilitas. Hindari materi-materi pramuka kaku. Saya yakin anda memiliki cara sendiri. Manfaatkan waktu istirahat untuk latihan gerakan pramuka.

4. Materi Latihan Pramuka

Materi latihan pramuka harus dimulai dengan sesederhana mungkin, perlahan tetapi pasti. Anda harus bisa membuat program latihan mingguan, bulanan, dan akhir tahun. Gunakan video dalam latihan untuk mempercepat anggota pramuka memahami materi yang anda berikan. Materi latihan seperti semaphore, PBB Tongkat, Pionering, Kompas, Kode morse. Materi tersebut sangat perlu didiskusikan dengan penerjemah di tempat anda. Supaya anggota pramuka memahami materi yang anda latih.

5.  Alat pramuka

Siapkan alat pramuka, dalam latihan tentunya membutuhkan alat yang bisa digunakan, sehingga mereka bisa memahami secara cepat materi yang dipelajari. Kerjasama dengan pihak terkait untuk mempersiapkannya. Anda juga bisa memodifikasi alat-alat latihan.


Latihan Membuat Tandu 

6. Evaluasi

Evaluasi latihan minimal satu bulan sekali, tujuannya untuk mengetahui sejauh mana penguasaan materi yang telah anda latih. Contoh melakukan ujian syarat kecakapan umum (SKU) dan Syarat kecakapan Khusus. Dalam melakukan evaluasi harus mempertimbangkan hasil pengamatan selama proses latihan. Hasil evaluasi, anak-anak disabilitas yang berprestasi diberikan penghargaan khusus, sehingga memotivasi mereka dalam latihan.

Sistematika latihan pramuka untuk anak-anak disabilitas adalah:

1. Pendahuluan
- Berdoa
- Sapa, contohnya selamat pagi
- Menjelaskan secara singkat atau  gambaran materi latihan
- Absen atau mengecek kehadiran anggota pramuka
- Mengecek kembali materi yang sudah dilatih sebelumnya.

2. Kegiatan Inti
Menyampaikan materi latihan secara sederhana dan dijelaskan secara perlahan

3. Penutup
- Membuat game atau permainan yang menarik, sesuai dengan materi latihan hari tersebut.
- Memberitahukan materi untuk pertemuan berikutnya
- Doa

Demikian tips dan cara melatih pramuka, khususnya untuk anak disabilitas, semoga bermanfaat.

Semua Anak mempunyai kesempatan dan berhak mendapatkan pendidikan yang layak.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh:Tanya Jawab dan Ulang Janji, Pelantikan Anggota Baru dan Penegak Bantara Gerakan Pramuka

Tanya Jawab dan Ulang Janji Pelantikan calon Pramuka Penegak Gugus Depan 0407-0408 SMA N 1 Fatuleu Tahun 2018
Dengan Rahmat Allah Yang Maha Kuasa pada Hari ini, Minggu 28 Oktober Tahun 2018, Atas Nama Gerakan Pramuka Gugus Depan 0407-0408 SMA N 1 FATULEU:
Pembina:
siap dan bersediakah adik-adik untuk dilantik menjadi calon Pramuka Penegak, serta bersediakah mengabdi tampa pamrih demi kemajuan gerakan pramuka Ambalan SMA NEGERI 1 Fatuleu?
Calon Penegak:
siap...bersedia

Baca Juga:
Ingin Membuat Website//blog punya Sendiri, Beli Domain Gratis dan Termurah di Domosquare.com
Pembina:
Sebelum pengucapan Janji dimohon kesediaan adik-adik menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
Pembina: Bersediakah adik-adik mengabdi dan berbakti kepada bangsa dan Negara indonesia
Calon penegak: siap Bersedia..!
Pembina: Siapakah adik -adik sekalian ikut serta dalam membangun masayarakat serta bertanggungjawab, berdisiplin ilmu dan berwatak Pancasila?
Calon Penegak: siap..bersedia
Pembina: Bersediakah adi…

10 Ciri-ciri Anak Sehat & Tanda-tanda Gangguan Kesehatan

Pernahkah anda tau, bahwa anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan sesuai dengan usianya, dan sebaliknya anak mengalami ganguan kesehatan baik secara jasmani maupun mental. Anda sebagai orang tua harus mengetahui secara pasti berkaitan perkembangan dan pertumbuhan anak anda.
Oleh karena itu di bawah ini akan dijelaskan secara ringkas berkaitan dengan ciri-ciri anak sehat dengan tanda -tanda gangguan kesehatan pada anak
A.ciri-ciri anak sehat yaitu: 
1.Berat badan dan tinggi badan secara teratur 2.Tangkas gesit dan gembira 
3.Mata bersih dan bersinar
4.Nafsu makan baik serta bibir, lidah dan pernafasan tidak berbau 
5.Waktu istirahat secara teratur
 6.Kulit dan rambut bersih serta tidak kering 
7.Emosional

Baca Juga: Sebanyak 8946 Calon Peserta PPG Tahap 3 Sudah Konfirmasi

Baca Juga:Memilih Hukuman Fisik atau Tanpa Kekerasan Dalam Pendewasaan Anak Didik

Baca Juga:Pengumuman Hasil Seleksi PPPK Taha 1 Prov. NTT 2019
B.Tanda-tanda gangguan kesehatan pada anak yaitu: 
1.lekas lelah dalam …

Contoh Soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP), CPNS Tahun 2019

Semoga Anda Sukses Lolos CPNS 2019
CONTOH SOAL TKP HOTS 1

1. Pagi ini seperti biasanya anda selalu sibuk dengan rutinitas di pekerjaan sebagai seorang customer service pada sebuah rumah sakit pemerintah. Ketika anda sedang asik bekerja datanglah seorang ibu-ibu tua yang ingin menanyakan prosedur penggunaan BPJS kesehatan untuk proses rawat inap anaknya yang sedang sakit dan membutuhkan perawatan secepatnya agar sakitnya tidak bertambah parah, Setelah anda menjelaskan panjang lebar dengan bahasa yang mudah dimengerti beberapa kali kepada sang ibu namun ternyata ibu tersebut tampak sangat kebingungan dan mengatakan bahwa dia tidak mengerti sama sekali dengan prosedur yang anda jelaskan, bagaimana sikap anda...

A. Menjelaskan secara pelan pelan dengan bahasa yang mudah dipahami oleh ibunya agar dia tahu maksud dari apa yang anda jelaskan

B. Menjelaskan dengan sabar sembari mengajak sang ibu untuk tenang terlebih dahulu agar lebih fokus ketika anda menjelaskan, jika masih kebingungan anda …