Media Berwawasan dan Berbudaya


Sunday, 25 August 2019

Kepala Dinas Pendidikan NTT, "Guru Harus Berempati Pada Siswa" dan Kurangi Angka Putus Sekolah

| Sunday, 25 August 2019
Kupang, Wartaloha.com- Kepala Dinas Pendidikan NTT membuka Kegiatan In House Training (IHT) 3 Sekolah di kabupaten kupang, selasa 6 Agustus 2019 di SMA Negeri 3 Kupang Timur.
Dalam sambutannya Drs. Benyamin Lola, M.Pd menyampaikan arah kebijakan pengelolaan pendidikan menengah untuk rencana pembangunan jangka menengah (RPJM) Tahun 2018-2020. "Ada dua sasaran yang harus kita capai untuk lima tahun kedepan yaitu berkaitan aksesibilitas pendidikan dan mutu pendidikan di Nusa Tenggara Timur. Untuk kita ketahui angka partisipasi kasar pendidikan tingkat menegah berada pada angka  78 %, artinya 22 % anak usia sekolah yang belum ter tampung di sekolah baik tingkat SMA, SMK maupun tingkat sederajat, sedangkan untuk angkat partisipasi murni berada pada angka 60 an %, artinya masih 30an % anak kita yang belum ter tampung di sekolah hingga sekarang. Tugas sekolah mengawal anak-anak kita supaya menikmati pendidikan dengan baik dan jangan sampai anak putus sekolah.
Lanjut Kadis NTT menyoroti mutu pendidikan yang hingga kini kalau di kita lihat hasil ujian secara nasional melalui UNBK dan ujian nasional berbasis kertas dan pensil, hasilnya re rata kita masih berada pada angka 41 (Nilai)  untuk Tingkat SMA sedangkan untuk tingkat SMK berada pada angka 42, artinya kita masih berada di bawah angka 5,5 yang di tetapkan secara nasional. Hasil ini merupakan deviasi re rata yang sangat jauh, Oleh karena itu Bapak Gubernur menyampaikan kita harus bekerja lebih keras lagi untuk melebihi rerata nasional sehingga keluar dari mutu pendidikan yang selama ini cukup rendah" . tegas Kadis NTT.

Kadis Pendidikan NTT


Kadis  Pendidikan bersama Pengawas dan Kepala Sekolah

Dalam himbauannya kepada guru yang hadir pada kegiatan IHT di SMA Negeri 3 Kupang Timur "saya mengajak kita semua mari kita berempati kepada siswa, kita jangan hanya mengejar target tetapi perhatikan potensi yang di miliki anak kita, bawa mereka dari garis star yang sama hingga semuanya bisa mencapai tujuan.  Untuk kelas X tahun ini, guru-guru harus tuntaskan persoalan belajar mereka sehingga tidak ada anak yang tertinggal".

Peserta yang hadir dan menyaksikan langsung apa yang telah di sampaikan oleh kadis NTT, sangat serius dan menyimak sambutan Drs. Benyamin Lola, M.Pd, Kadis Pendidikan NTT.

Berkaitan dengan kegiatan IHT, Ketua Panitia membacakan tujuan kegiatan yang akan berlangsung empat hari. Dimana tiga harinya kegiatan selanjutnya di sekolah masing-masing dan pemateri terdiri dari pengawas pembina pendidikan NTT. Lanjut Ketua membacakan tujuan kegiatan IHT adalah

a.       Menyusun rencana pembelajaran  rpp. silabus, Program tahun dan promes dan kkm dapat menghasilkan  soal-soal hot
b.      Menyelesaikan dan mengimplementasikan  persiapan pembelajaran peer teaching di kelas

Acara pembukaan IHT berlangsung meriah di selingi penampilan anggota drum band SMA N 3 Kupang Timur. (FJ)

Acara Sambutan Untuk Kadis Pendidikan NTT

Anggota Drum Band SMA N 3 Kupang Timur
Memeriah Acara Pembukaan IHT 3 Sekolah SMA N 1 Kutim, SMA 3 Kutim dan SMA N 1 Fatuleu Tahun 2019

Peserta IHT SMA N 1 Fatuleu Tahun Pelajaran 2019





Related Posts

No comments:

Post a Comment