Media Berwawasan dan Berbudaya

Tuesday, 2 April 2019

Mimpi dan Perjuangan, Seorang Paul Liyanto

| Tuesday, 2 April 2019
Catatan penulis
Vatikan, Romo 11 Oktober 2009
Maxi Un Bria-Penulis Buku Impian Perubahan dan Perjuangan Kemanusiaan/ Koordinator Damian Friends Of Indonesia

" Awalnya adalah sebuah mimpin. Setiap insan yang mau berhasil mesti berani bermimpi. Sebab pada akhirnya mimpi menuntun orang menuju tujuan.
Ungkapan klasik Cura Ut Valeas. Berusahalah agar anda berhasil! Adalah kata-kata berkekuatan yang sering di ucapkan sang guru, saat Paul bersama teman-teman sekelas belajar menggambar di SMK Giovani Kupang. Mereka terus dimotivasi, agar tekun menggambar demi menghasilkan gambar yang baik. Menggambar itu tidak mudah. Namum sungguh memuaskan jiwa, jika dilakukan dengan hati yang gembira.

PAUL LIYANTO (ANGGOTA DPD RI)

Bekerja Keras dan perjuangan melakukan yang baik adalah semangat hidup Paul yang sudah dihayatinya sejak masa kecil. Dirumah ia adalah seorang pekerja dan penengah. Saat sekolah ia dikenal siswa berbakat. Dimasa kuliah ia tampil elegan sebagai peria pejuang yang kreatif dan mampu menafkahi diri. Energi dan visi untuk mandiri selalu menyelimuti seluruh perjuangan hidupnya. Digereja dan masyarakat ia dikenal sebagai aktifis, perjuang perubahan dan kemanusiaan. Ide-ide kreatif imaginatif yang cemerlang, dipadukannya secara indah dalam melakukan kegiatan-kegiatan pembangunan yang menghadirkan perubahan dan meningkatkan mutu peradaban serta kemanusiaan.

Aktifitas berbakat yang visioner ini, mampu memadukan konsep tentang pembangun terpadu dalam menempa SDM yang bermutu, dengan memperhatikan keseimbangan antara kecerdasan intelektual, emosional, keterampilan, budaya, spiritualitas dan moralitas.
Namun Paul Liyanto harum semerbak, ketika gigih memperjuangan nasib TKW/TKI di dalam dan luar negeri, terutama Nirmala Bonat, yang disiksa secara mengenaskan oleh majikan di malaysia. Paul juga tekun mempersiapkan tenaga-tenaga profesional sebagai tenaga kerja yang siap bekerja di luar  negeri. Ada banyak hal yang telah Paul lakukan dan kini ia mau berbuat banyak untuk masyarakat. Paul ingin dirinya menjadi penyalur berkat dan penebar terang bagi sesama.

Keikhlasan dan totalitasnya dalam setiap perjuangan dan pelayanan bagi masyarakat, telah mengerakkan hari rakyat untuk mempercayakannya sebagai utusan daerah NTT di MPR. Impiannya pasti. Berjuang menghadirkan perubahan dan meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat. Apa yang akan diperjuangkannya saat duduk di lembaga terhormat DPD kini? Tetap menjadi fokus pertanyaan yang hendak dijawab dalam aktivitasnya sebagai abdi rakyat dan negara. Profesiat atas anugrah hidup yang bermakna memasuki usia ke 53, 24 oktober 2009. Deus Vult Ut Valeas. Tuhan menghendaki anda berhasil. Selamat berjuang.

Catatan: artikel ini mengutip langsung dari penulis buku impian perubahan dan perjuangan kemanusiaan ( Paul Liyanto). Penulis: Maxi Un Bria, 2009.

Mungkin pesan untuk generasi muda, mari kita belajar dari sosok perjuangan diatas. Jadikan tulisan ini sebagai referensi anda dalam perjuangan hidup, khususnya bagi anda yang ingin terjun ke dunia politik. Ketulusan hati dan kerja keras menjadi kunci keberhasilan seseorang dalam hidup ini.

Related Posts

No comments:

Post a Comment