Monday, 8 April 2019

Apa itu "Compang" Budaya Manggarai

Compang (Mesbah), dalam tradisi manggarai secara sederhana compang merupakan sebuah tempat khusus untuk persembahan yang letaknya di tengah kampung. Compang tersusun dari batu pilihan dan di tengahnya di letakkan baru ceper (watu lempe).

Compang di yakini sebagai tempat tinggal para roh kampung (Naga Tanah), roh leluhur (warga agu ceki) dan wujud tertinggi (Mori agu Ngran), Jari agu Dedek-Tuhan Sang Pemilik, Tuhan pencipta dan pengada.

Compang


Para ketua adat biasanya menyimpan sesajen di compang pada saat acara penti (syukuran) atau Naring golo (upacara penting yang telah memberikan kenyamanan dan berkat kepada seluruh warga kampung. Bentuk compang hampir sama setiap tempat di manggarai. Ada yang bulat telur atau elips, ada juga yang segi empat. Pada umumnya, diatas compang terdapat haju langke (pohon beringin) yang sengaja di tanamkan.

Soal letak compang, kerap compang memiliki posisi antara rumah adat (Mbaru Gendang) dan kuburan (Boa). Tinggi compang bervariasi, mulai dari 50 cm sampai 150 cm. Lebarnya mulai dari 200cm hingga 300cm. Tak ada tata aturan baku yang secara khusus membahas soal ukuran. Yang pasti, Tinggi, lebar dan panjangnya cukup melangsungkan persembahan sesuai dengan maksud dan intensi atau keinginan.

Filosofi compang, menurut orang manggarai kehadiran compang memiliki kaitan erat dengan lima pusaran filosofi kehidupan orang manggarai yakni Mbaru bate Ka'eng (rumah tempat tinggal), uma bate duta (kebun tempat bekerja dan menghasilkan panenan), batas bate labar (tempat bermain), wae bate tiku (sumber air untuk di timba), compang bate takung (tempat persembahan).

Compang juga menjadi sumber kekuatan. Disetiap warga kampung hendak pergi ke area pertempuran (raga tumbu tata, rampas), para pelaku perang mengelilingi compang selama tujuh kali. Dalam ritus-ritus besar misalnya membuka kebun baru ( kebun komunal baru), membangun rumah adat ( mbaru gendang weru) dan kegiatan penting lainnya.

Sumber: Ensiklopedia Manggarai


EmoticonEmoticon