Media Berwawasan dan Berbudaya


Monday, 1 April 2019

Acara Bedah Rumah memiliki Nilai Edukasi kepada Anak

| Monday, 1 April 2019
CERITA ANAK TERINSPIRASI ACARA BEDAH RUMAH DI GLOBAL TV

Selamat membaca!

Pada kesempatan yang baik ini, saya akan membahas topik diatas karena menurut saya acara bedah rumah yang biasa di siar langsung di salah satu stasiun TV yaitu Global TV, merupakan acara tidak asing bagi masyarakat indonesia.

Disamping acara tersebut dengan tujuan membantu masyarakat ekonomi lemah dalam hal memperbaiki rumah mereka, namun ada nilai edukasi dari acara bedah rumah tersebut.

Kemudian dimanakah nilai edukasi tersebut?
Ini ceritanya!

Kami dirumah sering nonton acara bedah di Global TV, hampir setiap hari nonton secara bersama-sama setiap malam. Pada awal saya hanya nonton ikut-ikutan dengan anak-anak saya, setelah melakukan aktivitas seharian sebagai Guru. Hingga suatu hari ada kejadian aneh menimpa pada anak bungsu, si bungsu ini minta saya cari helm bekas.

Anak Terinspirasi Beda Rumah


Kemudian saya tanya dia, untuk apa helm bekas ini?
Dia jawab, bapak untuk ayo kita bekerja!, tegasnya.
Hampir saya bingung, lalu saya tanya!, ayo kita bekerja, maksudnya apa?,

Dia jawab: yang acara bedah rumah di global TV itu bapak!, kita harus membantu orang yang rumahnya rusak, supaya mereka tinggal dirumah yang bagus bapak, katanya.

Setiap hari si bungsu menyanyi lagu bedah rumah, ayo kita bekerja...bla-bla....sambil mengenakan Helm bekas di kepalanya....

Kisah diatas menunjukan bahwa acara bedah rumah yang biasa di siarkan oleh stasiun Global TV, memiliki nilai edukasi kepada anak-anak yang biasa nonton acara tersebut. Dimana anak-anak tersebut terinspirasi apa yang dilakukan oleh cara bedah rumah, serta memiliki nilai sosial dan menumbuhkan rasa kepedulian terhadap sesama manusia yang membutuhkan bantuan.

Acara bedah rumah juga, mencakup pendidikan karakter kepada anak-anak serta mempunyai jiwa sosial, dimana harkat dan martabat manusia harus diperhatikan. Rasa peduli inilah yang bisa sebut sebagai nilai edukasi yang harus tumbuh di hati masyarakat indonesia.

Media-media yang ada di tanah air, semestinya mengedepan tayangan atau acara yang sifat edukasi. Media juga sebagai alat pendidikan non formal yang terus kita kembangkan dan tingkatkan sehingga pembangun di indonesia semakin maju.
Untuk orang tua, selalu memantau perkembangan anak-anak kita. Di era ekonomi digital, dimana perkembangan teknologi yang sangat cepat membuat kita semakin di tantang dengan hal-hal tersebut. Arahkan anak-anak kita saat nonton TV untuk menyaksikan acara-acara atau tayangan sifatnya edukasi untuk mendukung perkembangan mental anak-anak kita.

Related Posts

No comments:

Post a Comment