Media Berwawasan dan Berbudaya


Monday, 25 March 2019

Tantangan Membangun blog untuk Pemula

| Monday, 25 March 2019
Selamat membaca!

Tantangan Membangun blog untuk Pemula

Sudah delapan bulan saya membangun blog ini, dengan penuh tantangan dan kerja keras hingga kini masih bisa bertahan dan tetap memberikan informasi yang berguna untuk pembaca atau masyarakat yang membutuhkan informasi. Tentu bukan sesuatu yang mudah dalam membangun sebuah blog, tetapi butuh kerja keras dan ketekunan untuk blogger pemula.

Semangat juang yang tidak kunjung padam, saya mebangun blog ini hingga menjadi blog yang berguna dan menarik pengunjung yang banyak. Ini harapan saya sebagai penulis sekaligus pemilik blog wartaloha.com.

Harapan tersebut diatas bisa terwujud, apabila saya tetap berusaha dan selalu konsisten dalam menulis topik-topik yang bermanfaat untuk pembaca yang setia mengunjungi blog saya ini. Hingga kini blog ini sudah mencapai 45.000 tayangan per delapan sekarang. Rata-rata per harinya 20-50 pengunjung. Lumayan untuk blog pemula, ditambah lagi pendapatan adsense selama setiap hari tidak mencapai IDR 1000. Saya hampir stres melihat pendapatan adsense seperti ini. Rasa-rasanya ingin berhenti menulis atau blog ini di tutup saja.

Hemm, anda jangan salah sangka dulu ya...penulis tidak bermaksud mematahkan semangat anda untuk terjun ke dunia blog. Pembahasan diatas hanya sebatas pengalaman saya selama ini, dimana awalnya saya membangun blog ini, iming-iming mendapatkan penghasilan banyak dari google adsense, Tetapi rupanya harapan tersebut harus melalui tantangan dan perjuangan yang membutuhkan usaha keras dan juga butuh konsisten dalam menulis.

Untuk lebih jelas, beberapa tahapan atau bisa di katakan sebagai tantangan dalam membangun blog untuk pemula, yaitu:

1. Memilih nama domain
Dalam memilih nama domain untuk blog anda sebaiknya jangan terlalu rumit atau terlalu panjang, Tetapi cobalah memilih nama blog yang mudah di ingat. Silahkan Anda mencari nama domain atau nama blog yang tepat sesuai dengan keinginan anda.

2. Topik blog
Model topik seperti apa yang inginkan, contohnya topik tentang dunia pendidikan. Nantinya blog anda hanya menulis yang ada kaitannya dengan pendidikan.

3. Persiapan sarana atau alat

Setelah anda menentukan domain dan topik blog, langkah selanjutnya persiapan laptop yang bisa digunakan untuk menulis. Pengalaman saya hingga sekarang, saya hanya mengunakan untuk menulis setiap hari. Karena keterbatasan modal dalam membeli laptop, Tetapi semangat untuk menulis terus saya usahakan. Kendala kalau hanya mengunakan handphone sangat banyak. Ketika menulis artikel yang panjang saya harus ke warnet untuk mengedit, sehingga kelihatannya tulisannya bagus dan bisa dimengerti oleh pembaca. Mengedit tampilan blog atau template lagi-lagi saya harus ke warnet. Bahkan pinjam laptop milik teman saya. Banyak susahnya kalau mengunakan handphone. Intinya anda harus punya laptop atau sejenisnya.

4. Topik
Laptop sudah ada, selanjutnya anda menulis topik artikel, opini atau tulisan apa saja yang berkaitan dengan blog anda. Keterbatasan ide membuat anda bingung mau tulis tentang apa lagi. Hingga kesana-sini mencari tulisan atau mengumpulkan data untuk bisa dijadikan tulisan yang bermanfaat untuk pembaca. Bukan pekerjaan yang mudah dalam menulis artikel yang menarik dibaca oleh pengunjung. Tetapi butuh pengalaman dalam menulis artikel yang bagus.

5. Menarik pengunjung
Artikel yang bagus sangat menentukan blog anda dibanjiri pengunjung setiap hari, sehingga bisa meningkatkan penghasilan adsense.

Kesimpulan dari tulisan yang sederhana ini, ketika anda ingin membangun sebuah blog atau sejenisnya masih banyak tantangan yang membutuhkan kerja keras dan ketekunan dalam menulis artikel yang menarik minat pengunjung.  Membangun sebuah blog bukan hal yang mudah. Jangan pernah berpikir mendapatkan penghasilan google adsense yang banyak kalau anda tidak melakukan hal sederhana diatas.


Related Posts

2 comments:

  1. saya punya 1 musuh utama dalam ngeblog, yaitu : rasa malas. sebenarnya ide utk menulis artikel ada banyak, tapi begitu pegang keyboard.. jeduaaarr!!.. rasa malas langsung menyergap.

    salam kenal dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas kunjungannya, salam kenal juga,semestinya harus kita lawan rasa tersebut...dengan meluangkan waktu yang pas untuk menulis sehingga hasilnya juga baik...

      Delete