Media Berwawasan dan Berbudaya


Thursday, 14 March 2019

Nilai Pendidikan Rekreasi untuk siswa

| Thursday, 14 March 2019

Manfaat Kegiatan Rekreasi Untuk Peserta Didik

1.       Fungsi kegiatan rekreasi bagi siswa

Program rekreasi pendidikan di sekolah-sekolah saat ini perlu digalakkan. Hal ini dilakukan agar tercapai tujuan pendidikan nasional, yaitu meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, meningkatkan kecerdasan dan keterampilan, menumbuhkan budi pekerti, memperkuat kepribadian, mempertebal semangat kebangsaan, dan cinta tanah air.
Kegiatan rekreasi pada dasarnya, merupakan bagian internal dari pendidikan, yang menunjang proses pendidikan dan menjadi salah satu media untuk mencapai tujuan pendidikan. Oleh karena itu sebagai media pendidikan, kegiatan rekreasi mempunyai fungsi sebagai berikut:

a.       Menambah pengetahuan dan wawasan
Dengan mengikuti kegiatan rekreasi pendidikan siswa akan memperoleh pengetahuan dan wawasan yang tidak terdapat dalam pelajaran inti di sekolah. Kegiatan rekreasi tersebut misalnya, penjelajahan, berkemah, dan kegiatan lainnya.

b.      Meningkatkan ketangkasan dan keterampilan

Dengan melakukan kegiatan pendidikan rekreasi,siswa akan meningkatkan keterampilan. Hal tersebut dapat diperoleh dari kegiatan berupa permainan pekerjaan tangan seperti melukis, menari, cerdas cermat, lomba pidato dan kegiatan lainnya sesuai dengan tema kegiatan yang telah direncanakan sebelumnya.

c.       Mempengaruhi gairah belajar

Dengan melakukan kegiatan rekeasi dapat meningkatkan gairah belajar siswa. Hal tersebut dilakukan karena kegiatan rekreasi dapat mengalihkan dan menciptakan suasana baru, juga dapat dijadikan media untuk mencari kesegaran jasmani, kegembiraan dan kepuasan jiwa

d.      Menambah sikap hidup yang kreatif dan sosial

Dengan melakukan rekreasi pendidikan, siswa dapat memperoleh pengalaman baru yang positif. Kegiatan rekreasi pendidikan diantaranya hidup dalam terbuka dan wisata karya, kegiatan tersebut akan membuat siswa belajar hidup mandiri, bergotong royong, belajar hidup bermasyarakat, memperhalus dan meningkatkan rasa seni serta memupuk rasa percaya diri, diantaranya yaitu:
-        Membentuk kepribadian yang baik

Rekreasi pendidikan akan membentuk kepribadian yang lebih baik. Oleh karena itu di dalam rekreasi terdapat kegiatan yang mendidik siswa untuk belajar hidup mandiri, bergotong royong, mengenal adat istiadat penduduk setempat, peninggalan budaya masa lalu, memupuk rasa percaya diri dan sebagainya

-        Menambah rasa kekaguman dan syukur terhadap kebesaran

Dengan melakukan kegiatan rekreasi pendidikan pada siswa, akan lebih baik tertanam rasa keagungan dan syukur terhadap ciptaan Tuhan Yang Maha Esa dan akhirnya timbul rasa keimanan dan ketaqwaan terhadap-Nya
-         Menambah rasa cinta tanah cinta tanah dan bangsa

2.       Pelaksanaan Kegiatan disekitar Sekolah
a.       Perencanaan
Dalam rangka pelaksanaan kegiatan didalam terbuka, perencanaan merupakan hal yang sangat penting. Tanpa perencanaan kegiatan tidak terlaksanakan sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu beberapa langkah-langkah perencanaan kegiatan sebagai berikut:
-          Menentukan garis-garis besar tujuan yang akan dicapai
-          Menentukan prioritas pencapaian diantara tujuan-tujuan
-          Menentukan cara-cara umum untuk melaksanakan kegiatan tersebut
-          Menyusun acara pelaksanaan kegiatan yang dimaksud
(membentuk panitia kegiatan, tempat kegiatan, waktu pelaksanaan, jumlah peserta, sarana dan prasarana kegiatan, administrasi peserta, keuangan, transportasi, p3k, dll)
Hal-hal yang harus dipertimbangkan dalam menyusun jadwal kegiatan, antara lain:
-          Waktu luang
-          Musim
-          Jenis Kelompok
-          Jarak yang ditempuh
-          Jenis kegiatan
-          Manfaat yang hendak dicapai

Pelaksanaan kegiatan rekreasi pendidikan harus sesuai dengan program tahunan sekolah sesuai dengan hasil kesepakatan bersama antara kepala sekolah, dewan guru dan pegawai serta pembina osis, osis dan pembinaan pramuka di sekolah yang menyelenggarakan kegiatan tersebut. Tahapan-tahapan kegiatan yang dimaksud yaitu:
-          Pembentukan panitia kegiatan
-          Melakukan survei lokasi sebelum kegiatan berlangsung
-          Menyusun pembiayaan
-          Pemberitahuan kegiatan kepada siswa
-          Memberikan surat pemberitahuan kegiatan kepada orang tua
-          Menentukan perlengkapan kegiatan
-          Menyediakan kendaraan
-          Dan kegiatan persiapan lainnya yang berkaitan dengan kegiatan rekreasi berlangsung
Materi Pelajaran PJOK




Related Posts

No comments:

Post a Comment