Media Berwawasan dan Berbudaya


Friday, 29 March 2019

Cara Menghilangkan, Rasa Malas ketika hendak menulis

| Friday, 29 March 2019
Cara menghilangkan rasa malas dalam menulis artikel di blogger

Selamat membaca!!

Menulis bukan pekerjaan yang mudah, mungkin sebagian orang menulis merupakan sebagai kebiasaan yang dilakukan untuk mengisi waktu luang, setelah menjalani pekerjaan rutin setiap hari. Tetapi bagi yang bergiat di dunia blogger menulis merupakan sebuah pekerjaan yang harus diselesaikan dengan baik sehingga menghasilkan tulisan yang berkualitas dan bermanfaat untuk pembaca.

Semakin banyak tulisan yang berkualitas (bukan hasil copy paste) maka blog tersebut bisa menarik pengunjung yang banyak hingga jutaan perhari. Seandainya pengunjung di blog setiap harinya bertambah banyak tentu berpengaruh pada penghasilan google adsense untuk blog yang sudah dimonetisasi.

Pengalaman saya sebagai blogger, selama delapan bulan hingga sekarang, saya membagikan waktu luang menulis artikel atau sejenisnya di malam hari, alasanya siang hari saya menjalani pekerjaan rutin sebagai Guru. Kenapa memilih malam hari, satu sisi saya menjalani pekerjaan rutin dan malam juga merupakan waktu yang pas untuk menulis. Ini pengalaman saya yang menjalani pekerjaan sampingan sebagai blogger.

Sebagai blogger pemula saya harus konsisten dalam menulis, kalau ingin menarik pengunjung yang banyak, Tetapi syaratnya artikelnya harus berkualitas dan bermanfaat untuk pembaca.

Kemudian banyak pertanyaan, bagaimana caranya supaya melawan atau menghilangkan rasa malas ketika hendak menulis?

Beberapa cara menghilangkan rasa malas ketika hendak menulis yaitu:

1. Fokus pada tujuan Anda

Fokus pada tujuan anda menulis. Jika anda sebagai blogger semestinya menulis merupakan pekerjaan yang biasa anda lakukan setiap hari atau sesuai dengan jadwal anda. Untuk menarik pengunjung yang banyak, syaratnya harus artikelnya berkualitas. Ini tips nya yang harus kita lakukan  adalah fokus sehingga bisa mengalahkan rasa malas dalam menulis.

Bagaimana bagi anda yang hanya menulis untuk mengisi waktu luang?,
Cukup anda menulis sesudah menjalan pekerjaan rutinitas anda setiap hari. Kapan pun anda mau menulis silahkan saja. Tetapi yang perlu diperhatikan adalah untuk menghasilkan artikel yang berkualitas bukan pekerjaan yang mudah, Tetapi Membutuhkan banyak referensi atau buku sumber dan pengalaman menulis.

2. Jadwal Menulis

Luangkan waktu untuk membagi jadwal anda menulis sesuai dengan kebutuhan anda. Kalau anda menjalan pekerjaan menulis merupakan pekerjaan pokok setiap hari, tentu sudah ada jadwalnya.

3. Jangan menulis disaat anda mood kurang baik

Menulis harus dengan tulus hati, ketika disaat anda malas menulis, semestinya jangan menulis. Karena hasilnya nanti kurang memuaskan. Bukan pekerjaan yang gampang mencurahkan pengalaman pribadi melalui tulisan yang bagus. Tetapi butuh konsentrasi dan perenungan yang mendalam.

4. Siapkan referensi

Referensi yang dimaksudkan seperti buku sumber, nara sumber dan sumber-sumber lainya. Salah satu penyebab anda malas menulis yaitu kurang referensi. Oleh karena itu sebelum memulai menulis perhatikan hal tersebut.

5. Gunakan musik

Sebagai orang mengunakan musik di saat menulis dapat membantu dan menambah wawasan berpikir sehingga tulisan bisa diselesaikan dengan baik. Tetapi sebagian orang juga musik membuatnya tidak konsentrasi di saat menulis. Silahkan Anda memilih pakai cara yang mana.

6. Siapkan minuman atau makanan ringan
Minuman seperti kopi hitam, membuat anda tambah semangat dalam menulis. Ingat fisik dan otak anda butuh penyegaran. Disaat anda menulis gunakan kopi untuk menemani.

Menulis memang bukan pekerjaan yang mudah tetapi butuh konsentrasi dan ketekunan dalam menjalani. Menulis juga harus belajar dari pengalaman untuk menghasilkan tulisan berkualitas dan bermanfaat untuk banyak orang. Saran saya lakukan pekerjaan menulis disaat waktu yang tepat. Menulis bukan karena tuntutan tetapi menulis dengan ketulusan hati membagikan pengalaman atau inspirasi untuk orang lain itu lebih berguna.








Related Posts

No comments:

Post a Comment