Selamat datang di wartaloha**Semoga Bermanfaat** Terimakasih Atas Kunjungan Anda** Dengan Membaca Anda Dapat Menguasai Dunia** Senang Berkerjasama dengan Anda**Kontak Redaksi Wartaloha, HP:085239228098, flafianusjeadun188@gmail.com

Friday, 8 February 2019

Herpes Tetap Bisa Menular Meski Penderita Tampak Sehat

| Friday, 8 February 2019
Penyakit Herpes disebabkan oleh virus herpes kompleks (VHS). Virus itu menyerang selaput lendir, seperti mata, rongga mulut, bibir, dan alat genital (vagina dan penis). Gejalanya antara lain muncul gelembung berisi cairan yang berkelompok dan sakit pada daerah yang terserang.
Herpes tidak bisa disembuhkan secara tuntas, sehingga dapat muncul saat kondisi fisik orang yang terinfeksi menurun, seperti kelelahan, stres, atau kurang gizi. Tapi bila daya tahan tubuh penderitanya baik, penyakitnya tidak akan muncul.

"Jadi, meski gejala penyakitnya sudah hilang, virus herpes tetap ada dalam tubuh, sehingga masih bisa ditularkan, "tandas dr. Eddy Karta SpKK dari Edmo Clinic, Cikajang, Jakarta.

Secara umum herpes menular melalui kontak langsung. Pada herpes labialis yang disebabkan VHS tipe 1, penularannya dapat melalui kontak dengan sekresi dari atau disekitar mulut. 

" Ciuman bisa menjadi salah satu cara penularan herpes, karena penularnya memang melalui kontak kulit dengan kulit", kata Eddy.

"Karena itu, jika sedang kambuh, sebaiknya tidak melakukan kontak fisik dulu", ingatnya.
Dalam kasus ini ciuman maut sang ayah,  Menurut Eddy, Memang bisa saja virus ditularkan sang ayah. Namun bisa jadi sang ibu sudah terinfeksi virus herpes, meski sebenarnya penyakit itu tidak muncul. Sehingga, si bayi sebenarnya sudah terinfeksi ketika dilahirkan secara normal. 

" Karena itu, untuk mengetahui sumber penularannya, sebaiknya diperiksa darahnya, " tegasnya.
Infeksi VHS bisa berakibat fatal pada bayi baru lahir, apalagi prematur. Eddy mengingatkan agar berhati-hati merawat bayi yang baru lahir. naomi/heni/majalah nyata.

Pembaca yang setia diwartaloha, artikel diatas, sangat penting kita ketahui untuk menambah wawasan kita dalam menjaga pola hidup sehat, agar terhindar dari penyakit menular seksual (PMS), seperti penyakit Herpes, contoh kasus yang dikutip"  dari majalah nyata,  bulan maret 2013, " kasus kematian anak yang dialami Marrie dan Carl, singkat cerita saat anak mereka setelah melahirkan, karena sangat sayang pada anak mereka setiap malam, setelah mandi carl dan marrie selalu menghabiskan waktu untuk mencium dan memeluk Anak mereka Kaiden, yang lahir 28 maret 2012 itu.

Namun tiba-tiba, sebelum usia genap dua minggu, tubuh kaiden tiba-tiba membiru. Dan kisah selanjutnya hingga anak itu meninggal dunia.
Itulah kasus yang diceritakan dalam kasus penyakit Herpes, maka marilah kita berwaspada terhadap penyakit-Penyakit yang membahayakan kesehatan anda.
Sumber: Majalah nyata/maret 2013/hlm 43.

Gambar: Majalah nyata/2013/hlm 43

Related Posts