Skip to main content

Herpes Tetap Bisa Menular Meski Penderita Tampak Sehat

Penyakit Herpes disebabkan oleh virus herpes kompleks (VHS). Virus itu menyerang selaput lendir, seperti mata, rongga mulut, bibir, dan alat genital (vagina dan penis). Gejalanya antara lain muncul gelembung berisi cairan yang berkelompok dan sakit pada daerah yang terserang.
Herpes tidak bisa disembuhkan secara tuntas, sehingga dapat muncul saat kondisi fisik orang yang terinfeksi menurun, seperti kelelahan, stres, atau kurang gizi. Tapi bila daya tahan tubuh penderitanya baik, penyakitnya tidak akan muncul.

"Jadi, meski gejala penyakitnya sudah hilang, virus herpes tetap ada dalam tubuh, sehingga masih bisa ditularkan, "tandas dr. Eddy Karta SpKK dari Edmo Clinic, Cikajang, Jakarta.

Secara umum herpes menular melalui kontak langsung. Pada herpes labialis yang disebabkan VHS tipe 1, penularannya dapat melalui kontak dengan sekresi dari atau disekitar mulut. 

" Ciuman bisa menjadi salah satu cara penularan herpes, karena penularnya memang melalui kontak kulit dengan kulit", kata Eddy.

"Karena itu, jika sedang kambuh, sebaiknya tidak melakukan kontak fisik dulu", ingatnya.
Dalam kasus ini ciuman maut sang ayah,  Menurut Eddy, Memang bisa saja virus ditularkan sang ayah. Namun bisa jadi sang ibu sudah terinfeksi virus herpes, meski sebenarnya penyakit itu tidak muncul. Sehingga, si bayi sebenarnya sudah terinfeksi ketika dilahirkan secara normal. 

" Karena itu, untuk mengetahui sumber penularannya, sebaiknya diperiksa darahnya, " tegasnya.
Infeksi VHS bisa berakibat fatal pada bayi baru lahir, apalagi prematur. Eddy mengingatkan agar berhati-hati merawat bayi yang baru lahir. naomi/heni/majalah nyata.

Pembaca yang setia diwartaloha, artikel diatas, sangat penting kita ketahui untuk menambah wawasan kita dalam menjaga pola hidup sehat, agar terhindar dari penyakit menular seksual (PMS), seperti penyakit Herpes, contoh kasus yang dikutip"  dari majalah nyata,  bulan maret 2013, " kasus kematian anak yang dialami Marrie dan Carl, singkat cerita saat anak mereka setelah melahirkan, karena sangat sayang pada anak mereka setiap malam, setelah mandi carl dan marrie selalu menghabiskan waktu untuk mencium dan memeluk Anak mereka Kaiden, yang lahir 28 maret 2012 itu.

Namun tiba-tiba, sebelum usia genap dua minggu, tubuh kaiden tiba-tiba membiru. Dan kisah selanjutnya hingga anak itu meninggal dunia.
Itulah kasus yang diceritakan dalam kasus penyakit Herpes, maka marilah kita berwaspada terhadap penyakit-Penyakit yang membahayakan kesehatan anda.
Sumber: Majalah nyata/maret 2013/hlm 43.

Gambar: Majalah nyata/2013/hlm 43

Comments

Popular posts from this blog

Pelantikan Pengurus Osis dan Pengurus MPK SMA NEGERI 1 FATULEU Tahun 2018

Oelmasi-wartaloha. com. Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Fatuleu Telah melantik Pengurus Osis periode 2018-2019. Pelantikan berlansung pada hari Senin, 24 September 2018, dilapangan SMA Negeri 1 Fatuleu. 
Upacara pelantikan dibuka oleh kepala sekolah SMA N 1 Fatuleu, dalam sambutannya, Drs. Ambrosius Pan menyatakan,  "Osis merupakan organisasi yang ada di sekolah ini, sehingga saya berharap badan pengurus Osis yang baru bisa menjalankan tugas dengan baik secara kronologis dan sinkron dengan semua program yang ada di sekolah dan juga program Osis harus bisa membawa perubahan bagi perkembangan sekolah kita dan ditularkan dengan baik. Pada kesempatan ini juga saya menyampaikan ucapan terimakasih kepada  pengurus Osis yang lama yang telah melaksanakan tugas dengan baik, walaupun masih ada kekurangan dalam menjalankan tugas selama ini terutama berkaitan dengan eksistensi kita di tingkat propinsi", ujar Kepala Sekolah.
Pada kesempatan yang sama juga ketua Osis terpilih Emanuel Yudi…

Apakah Anda Belum Mahir Menjadi Pembina PRAMUKA?, Mungkin Ini solusinnya!

Kurikulum 2013 mewajibkan Kegiatan pramuka diseluruh sekolah di tanah air. Pramuka menjadi kegiatan ekstra kurikuler wajib yang harus dilaksanakan disetiap sekolah mulai dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas/Madrasah bahkan sampai Perguruan tinggi, kebijakan tersebut tertuang dalam
Keputusan Presiden RI Nomor 238 Tahun 1961 berbunyi: bahwa Gerakan Pramuka sebagai kelanjutan dan Pembaharuan Gerakan Kecanduan Nasional serta bertanggungjawab atas kelestarian Negara Kesatuan Republik Indonesia yang di topang oleh empat Pilar wawasan Kebangsaan, yaitu
1. Ideologi Pancasila
2. Undang-Udang Dasar 19945
3. Bhineka Tunggal Ika
4. Negara Kesatuan Republik Indonesia
Dengan asas Pancasila, Gerakan Pramuka Menyelenggarakan Pendidikan kaum Muda Sebagai kaderisasi Kepemimpinan Masa depan bangsa dan negara.
Untuk memperjelas arah dan eksistensi Gerakan Pramuka di indonesia, maka dibentuk Undang-undang Gerakan Pramuka Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka adalah organisasi yang menyel…

Dinamika Pemilihan Ketua Osis SMA NEGERI 1 FATULEU Tahun 2018, Berlansung Alot, layaknya Pemilihan Umum

Oelmasi, wartaloha.com- SMA Negeri 1 Fatuleu telah memilih Ketua Osis yang baru, Jumat, 14 September tahun 2018, berlansung di Aula SMA NEGERI 1 FATULEU, mulai pukul 10.00 WIT hingga pukul 15.00 WIT.

Sejumlah pesertadidik serta Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, pembina Osis, Pembina Pramuka SMA NEGERI 1 FATULEU turut hadir dalam Rapat Umum Anggota  (RUA), untuk memilih Ketua Osis periode 2018/2019. Dalam Arahan Kepala Sekolah SMA NEGER1 1 FATULEU, Drs. Ambrosius Pan  mengatakan;

"Pesan saya, yang menjadi calon Ketua Osis harus prestasi secara akademik serta memiliki sikap dan prilaku yang baik dan saya juga mengucapkan terimakasih untuk Ketua Osis periode 2017/2018, yang telah melaksanakan tugas dengan baik".

OSIS merupakan organisasi tingkat sekolah yang tujuannya mengasah kemampuan dan bakat yang dimiliki siswa, sehingga menjadi siswa yang berkarakter dan mampu berorganisasi dengan baik. 
SMA Negeri 1 Fatuleu, melaksanakan pemil…