Skip to main content

Seberapa Penting Materi Kewirausahaan di Kembangkan Dalam Kegiatan Kepramukaan

Salam Pramuka kaka!!

Sering Muncul Pertanyaan Seberapa penting kewirausahaan dikembangkan dalam Gerakan Pramuka. Pertanyaan tersebut akan menjadi tantangan pembina pramuka baik di tingkat Gugus Depan maupun para pengurus gerakan pramuka di seluruh pelosok tanah air. Tantangan ini perlu di jawab dengan aksi nyata, karena model pembinaan dan Pendidikan pramuka semestinya berorientasi kewirausahaan sesuai perkembangan zaman. Anggota pramuka di tuntut bisa berwirausaha, oleh karena itu materi latihan pramuka jangan terpaku pada syarat kecakapan umum dan syarat kecakapan khusus.

Materi kegiatan latihan harus sesuai dengan tantangan zaman untuk melatih kesiapan anggota pramuka berwirausaha. Tujuan ini bisa di capai apabila segenap komponen masayarakat yang berkecimpung dalam pramuka bersinergi dalam mengembangkan kewirausahaan kepada anggota pramuka. Untuk memperjelas maksud diatas, maka penulis ingin membahas materi tentang kewirausahaan berikut ini.

A. Istilah Kewirausahaan
1. Wira berarti utama, gagah, luhur, berani, teladan atau perjuangan
2. Usaha berarti karya, kemauan untuk mendapatkan sesuatu, kerja keras, berjuang.dengan tabah dan kuat
3. Wira usaha adalah perilaku dengan penuh keberanian mengambil risiko, keutamaan kreatifitas, dan keteladan dalam menangani usaha dengan bijak pada kemauan dan kemampuan diri sendiri.
Dapat disimpulkan bahwa Kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku, dan kemauan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan, menerapkan cara kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efesien dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik atau memperoleh keuntungan yang lebih besar.

B. Asas Pokok Kewirausahaan adalah:
1. Kemampuan yang kuat untuk berkarya dengan semangat kemandirian
2. Kemampuan memecahkan masalah dan mengambil keputusan secara sistematis termasuk keberanian mengambil risiko.
3. Kemampuan berpikir dan bertindak secara kreatif dan inovasi
4. Kemampuan bekerja secara teliti, tekun dan produktif
5. Kemampuan dan kemauan untuk berkarya dalam kebersamaan berlandaskan etika bisnis yang sehat.

C. Kemampuan Dasar Kewirausahaan ialah:
1. Memilki rasa percaya diri
2. Memiliki sikap mandiri yang tinggi
3. Mau dan mampu mencari dan menangkap peluang
4. Bekerja Keras dan tekun
5. Memilki kemampuan berkomunikasi
6. Membiasakan hidup terencana, jujur, hemat, tangguh dan disiplin
7. Memiliki jiwa kepemimpinan
8. Berani mengambil risiko
9. Memiliki motivasi diri dan semangat kerja
10. Kreatif dan inovatif

Dari kemampuan dasar tersebut, yang menjadi harapan bahwa anggota pramuka harus memiliki jiwa kewirausahaan untuk melatih diri dan mampu menangkap peluang yang ada dan mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Dengan tujuan terwujudnya pramuka berkualitas merupakan sasaran dari program prioritas bidang program peserta didik.

D. Sarana atau Media Pendidikan Kewirausahaan pada pendidikan Kepramukaan:
1. Tersedianya Pembina Pramuka yang berkualitas, sehingga dapat menyelengarakan kegiatan pendidikan kepramukaan dengan sebaik-baiknya dengan menerapkan prinsip dasar dan metode kepramukaan
2. Tersusunya Prodik yang baik
3. Kemampuan pembina dalam mengelola satuan
4. Pendayagunaan SKU, SKK, SPG,dan usaha memiliki TKU, TKK, TPG sebagai alat pendidikan
5. Pendayagunaan Satuan pramuka di gugus depan dan satuan karya pramuka penegak dan pandega.

E. Cara Pelaksanaan Pendidikan Kewirausahaan Dalam pendidikan pramuka yaitu:
1. Bersama-sama peserta didik dan pembina pramuka menyusun program yang berorientasi wirausaha
2. Sebelum melaksanakan Prodik, pembina terlebih dahulu menganalisis materi produk dan selanjutnya menyusun program pelaksanaan dengan memasukan materi pendidikan kewirausahaan contoh materi latihan yang dapat menanamkan dan meningkatkan rasa percaya diri, kemandirian, inovasi, kreatif dan mampu menciptakan peluang usaha baru.
3. Memberikan kegiatan dengan model pendekatan learning by doing, learning to earn dan earn to life.

Dengan demikian sudah seharusnya karakterik kewirausahaan sudah tertanam di setiap anggota pramuka. Materi Kewirausahan harus dikemas secara baik supaya mampu menghasilkan manusia yang berjiwa pancasila dan semangat kewirausahaan untuk menjawab tantangan global yang setiap detik selalu berubah. Oleh karena itu mari kita bersama-sama dengan semangat juang tinggi mengembangkan potensi pramuka untuk berwirausaha. Semoga bermanfaat dan salam pramuka kaka!!.

Pramuka SMA N 1 Fatuleu




Sumber: 2015. Buku Panduan Kursus Mahir Dasar, Kwartir Daerah NTT.

Comments

Popular posts from this blog

Pelantikan Pengurus Osis dan Pengurus MPK SMA NEGERI 1 FATULEU Tahun 2018

Oelmasi-wartaloha. com. Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Fatuleu Telah melantik Pengurus Osis periode 2018-2019. Pelantikan berlansung pada hari Senin, 24 September 2018, dilapangan SMA Negeri 1 Fatuleu. 
Upacara pelantikan dibuka oleh kepala sekolah SMA N 1 Fatuleu, dalam sambutannya, Drs. Ambrosius Pan menyatakan,  "Osis merupakan organisasi yang ada di sekolah ini, sehingga saya berharap badan pengurus Osis yang baru bisa menjalankan tugas dengan baik secara kronologis dan sinkron dengan semua program yang ada di sekolah dan juga program Osis harus bisa membawa perubahan bagi perkembangan sekolah kita dan ditularkan dengan baik. Pada kesempatan ini juga saya menyampaikan ucapan terimakasih kepada  pengurus Osis yang lama yang telah melaksanakan tugas dengan baik, walaupun masih ada kekurangan dalam menjalankan tugas selama ini terutama berkaitan dengan eksistensi kita di tingkat propinsi", ujar Kepala Sekolah.
Pada kesempatan yang sama juga ketua Osis terpilih Emanuel Yudi…

Dinamika Pemilihan Ketua Osis SMA NEGERI 1 FATULEU Tahun 2018, Berlansung Alot, layaknya Pemilihan Umum

Oelmasi, wartaloha.com- SMA Negeri 1 Fatuleu telah memilih Ketua Osis yang baru, Jumat, 14 September tahun 2018, berlansung di Aula SMA NEGERI 1 FATULEU, mulai pukul 10.00 WIT hingga pukul 15.00 WIT.

Sejumlah pesertadidik serta Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, pembina Osis, Pembina Pramuka SMA NEGERI 1 FATULEU turut hadir dalam Rapat Umum Anggota  (RUA), untuk memilih Ketua Osis periode 2018/2019. Dalam Arahan Kepala Sekolah SMA NEGER1 1 FATULEU, Drs. Ambrosius Pan  mengatakan;

"Pesan saya, yang menjadi calon Ketua Osis harus prestasi secara akademik serta memiliki sikap dan prilaku yang baik dan saya juga mengucapkan terimakasih untuk Ketua Osis periode 2017/2018, yang telah melaksanakan tugas dengan baik".

OSIS merupakan organisasi tingkat sekolah yang tujuannya mengasah kemampuan dan bakat yang dimiliki siswa, sehingga menjadi siswa yang berkarakter dan mampu berorganisasi dengan baik. 
SMA Negeri 1 Fatuleu, melaksanakan pemil…

Apakah Anda Belum Mahir Menjadi Pembina PRAMUKA?, Mungkin Ini solusinnya!

Kurikulum 2013 mewajibkan Kegiatan pramuka diseluruh sekolah di tanah air. Pramuka menjadi kegiatan ekstra kurikuler wajib yang harus dilaksanakan disetiap sekolah mulai dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas/Madrasah bahkan sampai Perguruan tinggi, kebijakan tersebut tertuang dalam
Keputusan Presiden RI Nomor 238 Tahun 1961 berbunyi: bahwa Gerakan Pramuka sebagai kelanjutan dan Pembaharuan Gerakan Kecanduan Nasional serta bertanggungjawab atas kelestarian Negara Kesatuan Republik Indonesia yang di topang oleh empat Pilar wawasan Kebangsaan, yaitu
1. Ideologi Pancasila
2. Undang-Udang Dasar 19945
3. Bhineka Tunggal Ika
4. Negara Kesatuan Republik Indonesia
Dengan asas Pancasila, Gerakan Pramuka Menyelenggarakan Pendidikan kaum Muda Sebagai kaderisasi Kepemimpinan Masa depan bangsa dan negara.
Untuk memperjelas arah dan eksistensi Gerakan Pramuka di indonesia, maka dibentuk Undang-undang Gerakan Pramuka Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka adalah organisasi yang menyel…