Skip to main content

Mengapa Pentingnya, Merefleksi dan Membenahi Diri, dari Banyaknya Persoalan di Dunia Kerja ?

Merefleksi dan Membenahi Diri , dari Persoalan di Tempat Kerja 

Pembaca setia yang saya hormati, dalam tulisan yang jauh dari kesempurnaan ini, penulis memilih topik tersebut, merupakan ungkapan dari isi hati saya, dari banyak persoalan hidup, khususnya di tempat kerja. Berawal dari Persoalan yang nanti saya ungkapkan dalam tulisan ini.

Saya ingin mengatakan bahwa merefleksi dan membenahi Diri dari Persoalan yang dialami seseorang merupakan langkah yang tepat untuk mencari tahu letak persoalan dan letak kesalahan dari apa yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari baik di tempat tinggal kita, sekitar lingkungan masyarakat maupun ditempat kerja. 

Tujuan merefleksi dan Membenahi Diri adalah untuk merenungkan segala kekurangan dan kesalahan kita dan secara cepat mencari solusi jangka pendek, menengah dan serta jangka panjang, sehingga hidup kita akan lebih baik dan hidup kita akan tercapai sesuai dengan tujuan yang kita harapkan. Kondisi tersebut akan lebih baik ,dibandingkan kita tidak pernah merefleksikan diri dan Selalu mengejar yang kita harapkan tetapi langkah tersebut sebenarnya salah.

Contoh kasus misalnya, ditempat kerja, anda merupakan orang yang selalu super sibuk mengurus kepentingan untuk nasib  banyak orang. Anda selalu berusaha yang terbaik untuk rekan kerja anda, memikirkan apa yang anda lakukan ketika diberikan kepercayaan oleh rekan kerja atau atasan anda di kantor. Berangkat dari situ disetiap kesibukan anda selalu berbenturan dengan kepentingan banyak orang, yang membutuhkan anda. Akan tetapi urusan pribadi pun dilupakan dan terbengkelai. Sangat menyedihkan....bukan?

Kemudian faktanya lagi, apa yang anda lakukan dengan tujuan baik, belum tentu diterima oleh semua orang dikantor, karena perjuangan dan niat baik tidak  semua dirasakan, mungkin hanya  sebagaian orang saja yang merasakannya. Sehingga orang yang tidak merasakan akan berlawanan dengan anda, apalagi berbenturan dengan pimpinan ditempat kerja. Persoalan tersebut akan menggangu karier anda dan menjadi rumit.

Kemudian, apa solusinya dari Persoalan tersebut?, 

Apakah anda tetap pada pendirian?, selalu membantu orang lain dalam setiap persoalan mereka atau sebaliknya, anda segera menarik diri dari beban masalah tersebut. Saya pernah dengar kata orang bijak " urus lah diri mu sendiri sebelum mengurus orang lain", kalimat tersebut mungkin ada benarnya. Karena selama ini anda selalu menjadi orang terdepan, banting tulang, merelakan waktu anda dan segenap tenaga untuk kepentingan semuanya, tetapi anda tidak sadar akan diri anda sendiri. Apa pencapaian dalam hidupmu?, apakah jenjang karier sudah semakin baik. Kalau sekarang anda kepala rumah tangga, apakah kehidupan rumah tangga sudah maju dan tetap harmonis?, banyak pertanyaan yang perlu anda refleksikan. 

Ketika pertanyaan diatas selalu muncul dihati dan pikiran anda, hal ini menandakan bahwa anda sudah melangkah lebih maju dari orang yang membenci, karena perjuangan baik dari apa yang kita lakukan. 

Hidup memang perlu belajar dari kesalahan, karena dengan itu kita akan maju dan mengalami perubahan yang berarti dalam hidup. Kesimpulannya tetap melakukan yang terbaik untuk menolong orang membutuhkan tenaga dan pikiran anda. Kemudian jangan lupa merefleksi dan Membenahi Diri dari setiap persoalan sehingga tujuan anda akan tercapai dan Tuhan Yang Maha Esa yang selalu melihat atas semua perbuatan dan tingkah laku anda. Semoga bermanfaat ya....


Comments

Popular posts from this blog

Pelantikan Pengurus Osis dan Pengurus MPK SMA NEGERI 1 FATULEU Tahun 2018

Oelmasi-wartaloha. com. Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Fatuleu Telah melantik Pengurus Osis periode 2018-2019. Pelantikan berlansung pada hari Senin, 24 September 2018, dilapangan SMA Negeri 1 Fatuleu. 
Upacara pelantikan dibuka oleh kepala sekolah SMA N 1 Fatuleu, dalam sambutannya, Drs. Ambrosius Pan menyatakan,  "Osis merupakan organisasi yang ada di sekolah ini, sehingga saya berharap badan pengurus Osis yang baru bisa menjalankan tugas dengan baik secara kronologis dan sinkron dengan semua program yang ada di sekolah dan juga program Osis harus bisa membawa perubahan bagi perkembangan sekolah kita dan ditularkan dengan baik. Pada kesempatan ini juga saya menyampaikan ucapan terimakasih kepada  pengurus Osis yang lama yang telah melaksanakan tugas dengan baik, walaupun masih ada kekurangan dalam menjalankan tugas selama ini terutama berkaitan dengan eksistensi kita di tingkat propinsi", ujar Kepala Sekolah.
Pada kesempatan yang sama juga ketua Osis terpilih Emanuel Yudi…

Dinamika Pemilihan Ketua Osis SMA NEGERI 1 FATULEU Tahun 2018, Berlansung Alot, layaknya Pemilihan Umum

Oelmasi, wartaloha.com- SMA Negeri 1 Fatuleu telah memilih Ketua Osis yang baru, Jumat, 14 September tahun 2018, berlansung di Aula SMA NEGERI 1 FATULEU, mulai pukul 10.00 WIT hingga pukul 15.00 WIT.

Sejumlah pesertadidik serta Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, pembina Osis, Pembina Pramuka SMA NEGERI 1 FATULEU turut hadir dalam Rapat Umum Anggota  (RUA), untuk memilih Ketua Osis periode 2018/2019. Dalam Arahan Kepala Sekolah SMA NEGER1 1 FATULEU, Drs. Ambrosius Pan  mengatakan;

"Pesan saya, yang menjadi calon Ketua Osis harus prestasi secara akademik serta memiliki sikap dan prilaku yang baik dan saya juga mengucapkan terimakasih untuk Ketua Osis periode 2017/2018, yang telah melaksanakan tugas dengan baik".

OSIS merupakan organisasi tingkat sekolah yang tujuannya mengasah kemampuan dan bakat yang dimiliki siswa, sehingga menjadi siswa yang berkarakter dan mampu berorganisasi dengan baik. 
SMA Negeri 1 Fatuleu, melaksanakan pemil…

Apakah Anda Belum Mahir Menjadi Pembina PRAMUKA?, Mungkin Ini solusinnya!

Kurikulum 2013 mewajibkan Kegiatan pramuka diseluruh sekolah di tanah air. Pramuka menjadi kegiatan ekstra kurikuler wajib yang harus dilaksanakan disetiap sekolah mulai dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas/Madrasah bahkan sampai Perguruan tinggi, kebijakan tersebut tertuang dalam
Keputusan Presiden RI Nomor 238 Tahun 1961 berbunyi: bahwa Gerakan Pramuka sebagai kelanjutan dan Pembaharuan Gerakan Kecanduan Nasional serta bertanggungjawab atas kelestarian Negara Kesatuan Republik Indonesia yang di topang oleh empat Pilar wawasan Kebangsaan, yaitu
1. Ideologi Pancasila
2. Undang-Udang Dasar 19945
3. Bhineka Tunggal Ika
4. Negara Kesatuan Republik Indonesia
Dengan asas Pancasila, Gerakan Pramuka Menyelenggarakan Pendidikan kaum Muda Sebagai kaderisasi Kepemimpinan Masa depan bangsa dan negara.
Untuk memperjelas arah dan eksistensi Gerakan Pramuka di indonesia, maka dibentuk Undang-undang Gerakan Pramuka Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka adalah organisasi yang menyel…