Skip to main content

Hindari Dampak Buruk Kipas Angin

Hindari Dampak Buruk Kipas Angin

Tidur dengan kipas angin, menyala semalam bisa berdampak buruk untuk tubuh manusia. Salah satunya bisa menyebabkan gangguan paru-paru jika mengunakan kipas angin dalam waktu yang panjang.

1. Gangguan Pernapasan

Para ahli mengatakan kipas angin dapat memberikan efek gangguan pernapasan pada sebagaian orang. Secara tak langsung, kipas angin dapat membantu menyebar debu halus yang ada disekitar kamar kita. Bayangkan jika kamar kita memiliki banyak debu. Maupun dengan kita yang memiliki alergi atau asma. Pastinya tidak akan nyaman, bukan?

2. Tubuh Kekurangan Oksigen

Dampak negatif pertama yang terjadi pada tubuh jika sering tidur mengunakan kipas angin adalah tubuh akan kekurangan oksigen. Hal ini terjadi apabila arah kipas angin langsung ditujukan ke wajah, terkena hidung, dan mulut didalam ruangan yang tidak memiliki ventilasi. Alhasil, udara berputar-putar didalamnya tidak diperbaharui sehingga oksigen tidak berfungsi dengan baik ketika dihirup tubuh kita.

3. Suhu Tubuh Menurun Drastis

Saat hembusan angin menerpa tubuh kita di dalam kamar, suhu tubuh kita akan menurun. Hal ini pasti belum berbahaya. Hanya saja, saat sudah lebih adem, kadang kipas angin masih berputar  dan menurunkan suhu tubuh kita menjadi lebih rendah lagi. Terutama saat dalam keadaan tidur. Hasilnya suhu tubuh kita bisa saja menurun dratis. Nah, umumnya, kondisi ini secara tiba-tiba pada saat tekanan darah dan sistem pernapasan lagi terganggu. Dampak fatal, sebab bisa menggangu fungsi jantung dan paru-paru dalam tubuh

4. Dehidrasi

Bahaya selanjutnya ialah kita akan mengalami dehidrasi bahkan hipotermia. Ke jadian ini pernah dijabarkan oleh Dr. Hendra Ali, ahli syaraf. Menurut dokter Ali, ketika seseorang berada dalam ruangan dingin dalam waktu yang lama, maka tubuh akan mengalami kekeringan akibat dari kerja udara dingin yang menyerap air dalam tubuh. Nah, apalagi terjadi terus menerus sepanjang malam, maka kelembaban tubuh akan menurun sampai akhirnya kita merasa kehausan bahkan dehidrasi. Ada kemungkinan juga terserang gejala hipotermia.

5. Penyakit Bell Palsy

Jangan anggap remeh soal dampak negatif memakai kipas angin. Kamu bisa saja terserang penyakit yang disebut bell palsu. Ini adalah penyakit dimana sistem syaraf wajah berubah menjadi tegang,sulit senyum, dan susah berekspresi. Hal ini diakibatkan suhu dingin yang fokus menerpa bagian wajah secara terus menerus sepanjang malam. Nah, Samuel Zylgwyn kabarnya pernah mengidap bell'spalsy pada tahun 2010 lalu. Meski sembuh dengan antibiotik, sebenarnya sejauh ini, belum ditemukan penelitian ilmiah bagaimana cara mencegah Bell' s palsu ini. Namun samuel Zylgwyn pernah memperingatkan agar jangan terkena udara dingin terlalu sering, terutama yang langsung menyerang wajah kita. 

6. Menyebabkan Kematian

Nah, bahaya paling fatal bila seseorang sering terkena kipas angin adalah mereka bisa mengalami kematian mendadak. Catatan penting, kipas angin pembunuh ini datang saat kita mengunakan kipas angin sepanjang malam selama tertidur diruangan yang tidak terdapat ventilasi udara. Penjelasannya, peristiwa ini disebabkan karena adanya peningkatan kadar Co2 dan penurunan O2 dalam ruangan.

Artikel diatas sudah ditayang di Trimbunjambi, penulis ingin memaparkan kembali artikel ini,  kepada pembaca supaya menambah wawasan dan paham akan akibat dari pengaruh kipas angin dan cara mencegahnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pengujung setia di blog ini.

Sumber: Pos Kupang



Comments

Popular posts from this blog

Pelantikan Pengurus Osis dan Pengurus MPK SMA NEGERI 1 FATULEU Tahun 2018

Oelmasi-wartaloha. com. Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Fatuleu Telah melantik Pengurus Osis periode 2018-2019. Pelantikan berlansung pada hari Senin, 24 September 2018, dilapangan SMA Negeri 1 Fatuleu. 
Upacara pelantikan dibuka oleh kepala sekolah SMA N 1 Fatuleu, dalam sambutannya, Drs. Ambrosius Pan menyatakan,  "Osis merupakan organisasi yang ada di sekolah ini, sehingga saya berharap badan pengurus Osis yang baru bisa menjalankan tugas dengan baik secara kronologis dan sinkron dengan semua program yang ada di sekolah dan juga program Osis harus bisa membawa perubahan bagi perkembangan sekolah kita dan ditularkan dengan baik. Pada kesempatan ini juga saya menyampaikan ucapan terimakasih kepada  pengurus Osis yang lama yang telah melaksanakan tugas dengan baik, walaupun masih ada kekurangan dalam menjalankan tugas selama ini terutama berkaitan dengan eksistensi kita di tingkat propinsi", ujar Kepala Sekolah.
Pada kesempatan yang sama juga ketua Osis terpilih Emanuel Yudi…

Apakah Anda Belum Mahir Menjadi Pembina PRAMUKA?, Mungkin Ini solusinnya!

Kurikulum 2013 mewajibkan Kegiatan pramuka diseluruh sekolah di tanah air. Pramuka menjadi kegiatan ekstra kurikuler wajib yang harus dilaksanakan disetiap sekolah mulai dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas/Madrasah bahkan sampai Perguruan tinggi, kebijakan tersebut tertuang dalam
Keputusan Presiden RI Nomor 238 Tahun 1961 berbunyi: bahwa Gerakan Pramuka sebagai kelanjutan dan Pembaharuan Gerakan Kecanduan Nasional serta bertanggungjawab atas kelestarian Negara Kesatuan Republik Indonesia yang di topang oleh empat Pilar wawasan Kebangsaan, yaitu
1. Ideologi Pancasila
2. Undang-Udang Dasar 19945
3. Bhineka Tunggal Ika
4. Negara Kesatuan Republik Indonesia
Dengan asas Pancasila, Gerakan Pramuka Menyelenggarakan Pendidikan kaum Muda Sebagai kaderisasi Kepemimpinan Masa depan bangsa dan negara.
Untuk memperjelas arah dan eksistensi Gerakan Pramuka di indonesia, maka dibentuk Undang-undang Gerakan Pramuka Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka adalah organisasi yang menyel…

Dinamika Pemilihan Ketua Osis SMA NEGERI 1 FATULEU Tahun 2018, Berlansung Alot, layaknya Pemilihan Umum

Oelmasi, wartaloha.com- SMA Negeri 1 Fatuleu telah memilih Ketua Osis yang baru, Jumat, 14 September tahun 2018, berlansung di Aula SMA NEGERI 1 FATULEU, mulai pukul 10.00 WIT hingga pukul 15.00 WIT.

Sejumlah pesertadidik serta Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, pembina Osis, Pembina Pramuka SMA NEGERI 1 FATULEU turut hadir dalam Rapat Umum Anggota  (RUA), untuk memilih Ketua Osis periode 2018/2019. Dalam Arahan Kepala Sekolah SMA NEGER1 1 FATULEU, Drs. Ambrosius Pan  mengatakan;

"Pesan saya, yang menjadi calon Ketua Osis harus prestasi secara akademik serta memiliki sikap dan prilaku yang baik dan saya juga mengucapkan terimakasih untuk Ketua Osis periode 2017/2018, yang telah melaksanakan tugas dengan baik".

OSIS merupakan organisasi tingkat sekolah yang tujuannya mengasah kemampuan dan bakat yang dimiliki siswa, sehingga menjadi siswa yang berkarakter dan mampu berorganisasi dengan baik. 
SMA Negeri 1 Fatuleu, melaksanakan pemil…