Skip to main content

Ayo.... Kunjungi Tempat-tempat Wisata, Kabupaten Manggarai, Propinsi Nusa Tenggara Timur

Ayo buruan berwisata Ke kabupaten Manggarai, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Tulisan ini merupakan petunjuk yang sangat penting  anda ketahui ketika mengujungi objek-objek wisata di manggarai secara keseluruhan dan sekaligus mempromosikan daerah wisata sekaligus petunjuk secara geografis.

Secara umum geografis kabupaten Manggarai,
Kabupaten Manggarai secara geografis berada pada 8°30`-8°50' Lintang selatan dan 119°-120°50 bujur timur. Menurut asal usulnya masyarakat manggarai berasal dari minangKabau dan masyarakat posisinya berasal dari bugis. Sampai sekarang ini masyarakat manggarai sudah menjadi satu yakni suku manggarai.

Kabupaten Manggarai dapat di jangkau baik dari udara maupun melalui transportasi laut. Aneka seni budaya yang tersebar di kabupaten ini seperti: permainan caci, tenun ikat, danding, dan objek wisata lainya. Namum objek wisata yang ada sebagainya,  sekarang dimilki oleh kabupaten manggarai timur sejak pemekaran kabupaten.

Bebarapa Objek-objek wisata kabupaten manggarai yaitu:
1. Kampung Ruteng Pu'u
Ruteng Pu'u adalah sebuah kampung tua yang memiliki halaman yang luas dan bundar serta dikelilingi dengan batu yang tersusun rapi. Pada tengah halaman tersebut terdapat compang, yaitu altar yang tersusun dari batu dan pada tengah altar ditanam pohon bayan. Di altar ini sering dilakukan upacara korban hewan untuk memohon sesuatu pada leluhur. Jarak dari pusat kota ruteng 5 Km dan dapat dijangkau dengan kendaraan umum, roda dua dan kendaraan pribadi. Kampung Ruteng memiliki daya tarik yang sangat bagus karena arsitektur perkampungan tersebut masih bernuansa tradisional. 

2. Kampung Todo
Kampung ini adalah kampung kuno yang merupakan awal berdirinya kerajaan manggarai. Penguasa pertama bernama todo pongkar yang berasal dari minang kalau. Di tempat ini dapat juga ditemukan meriam kuno dan tambur dari kulit perut manusia. Pada zaman dahulu masih terjadi perang antara kampung dan banyak tawanan dijadikan budak.

3. Kampung Wae Rebo
Kampung ini memiliki empat rumah adat yang dibangun sekitar satu abad yang lalu. Memiliki panorama alam yang indah dan sejuk karena terletak diatas ketinggian. Dapat juga dilakukan pendakian untuk menikmati kesejukan dan keindahan alam yang mempesona. Letak kampung ini berada di desa Satar lenda, Kecamatan Satar mese lebih dari 70 Km dari Ruteng.

4. Liang Toge
Letak liang Toge ini adalah kurang lebih 87 Km dari Ruteng dan berasa di kelurahan Lempang Pagi Kecamatan Elar. Objek ini terletak di lereng gunung dan didalamnya terdapat benda-benda purbakala.

5. Danau Rana Mese
Rana mesen adalah sebuah danau yang terbentuk  akibat letusan gunung berapi ribuan tahun lalu dan kemudian membentuk aldera yang berbentuk danau. Panorama alam di sekitar danau ini sangat indah dan kita dapat menikmati kicauan burung dari berbagai jenis spesies, tempat ini dapat digunakan untuk memancing jenis ikan dan belut air tawar untuk dinikmati dengan udara yang sejuk karena di dataran tinggi. Jarak dari kota kabupaten manggarai sekitar 24 Km arah timur di desa Golo lani Kecamatan Borong dahulunya dan sekarang sudah menjadi Kota Kabupaten Manggarai Timur.

6. Pantai Cepi Watu
Objek wisata ini sudah menjadi milik kabupaten Manggarai Timur, berada di desa nangga labang. Disekiar objek terdapat sumber air tawar yang dapat dimanfaatkan untuk pembasuhan. Didepan objek ini nampak Gunung Poco Ndeki yang sangat mempesona.

7. Danau Rana Tonjong
Danau ini terletak di desa Nangga mbaling Kabupaten Manggarai timur.

Masih banyak tempat atau objek wisata yang belum dibahas dalam tulisan ini. Penting diketahui bahwa setelah pemekaran kabupaten manggarai untuk ke kabupaten manggarai timur banyak tempat wisata yang sudah dibagi sesuai letak wilayah dari kedua kabupaten tersebut. Tetapi pada prinsipnya bahwa masih banyak tempat wisata yang belum ditelusuri keberadaannya. Tulisan ini merupakan salah bentuk kecintaan dan mempromosikan objek wisata yang ada di Nusa Tenggara Timur.

Sumber: Buku saku dinas Pariwisata PROPINSI NTT

Tarian Caci Adat Manggarai
Sumber Foto: Facebook.com



Comments

Popular posts from this blog

Pelantikan Pengurus Osis dan Pengurus MPK SMA NEGERI 1 FATULEU Tahun 2018

Oelmasi-wartaloha. com. Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Fatuleu Telah melantik Pengurus Osis periode 2018-2019. Pelantikan berlansung pada hari Senin, 24 September 2018, dilapangan SMA Negeri 1 Fatuleu. 
Upacara pelantikan dibuka oleh kepala sekolah SMA N 1 Fatuleu, dalam sambutannya, Drs. Ambrosius Pan menyatakan,  "Osis merupakan organisasi yang ada di sekolah ini, sehingga saya berharap badan pengurus Osis yang baru bisa menjalankan tugas dengan baik secara kronologis dan sinkron dengan semua program yang ada di sekolah dan juga program Osis harus bisa membawa perubahan bagi perkembangan sekolah kita dan ditularkan dengan baik. Pada kesempatan ini juga saya menyampaikan ucapan terimakasih kepada  pengurus Osis yang lama yang telah melaksanakan tugas dengan baik, walaupun masih ada kekurangan dalam menjalankan tugas selama ini terutama berkaitan dengan eksistensi kita di tingkat propinsi", ujar Kepala Sekolah.
Pada kesempatan yang sama juga ketua Osis terpilih Emanuel Yudi…

Apakah Anda Belum Mahir Menjadi Pembina PRAMUKA?, Mungkin Ini solusinnya!

Kurikulum 2013 mewajibkan Kegiatan pramuka diseluruh sekolah di tanah air. Pramuka menjadi kegiatan ekstra kurikuler wajib yang harus dilaksanakan disetiap sekolah mulai dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas/Madrasah bahkan sampai Perguruan tinggi, kebijakan tersebut tertuang dalam
Keputusan Presiden RI Nomor 238 Tahun 1961 berbunyi: bahwa Gerakan Pramuka sebagai kelanjutan dan Pembaharuan Gerakan Kecanduan Nasional serta bertanggungjawab atas kelestarian Negara Kesatuan Republik Indonesia yang di topang oleh empat Pilar wawasan Kebangsaan, yaitu
1. Ideologi Pancasila
2. Undang-Udang Dasar 19945
3. Bhineka Tunggal Ika
4. Negara Kesatuan Republik Indonesia
Dengan asas Pancasila, Gerakan Pramuka Menyelenggarakan Pendidikan kaum Muda Sebagai kaderisasi Kepemimpinan Masa depan bangsa dan negara.
Untuk memperjelas arah dan eksistensi Gerakan Pramuka di indonesia, maka dibentuk Undang-undang Gerakan Pramuka Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka adalah organisasi yang menyel…

Dinamika Pemilihan Ketua Osis SMA NEGERI 1 FATULEU Tahun 2018, Berlansung Alot, layaknya Pemilihan Umum

Oelmasi, wartaloha.com- SMA Negeri 1 Fatuleu telah memilih Ketua Osis yang baru, Jumat, 14 September tahun 2018, berlansung di Aula SMA NEGERI 1 FATULEU, mulai pukul 10.00 WIT hingga pukul 15.00 WIT.

Sejumlah pesertadidik serta Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, pembina Osis, Pembina Pramuka SMA NEGERI 1 FATULEU turut hadir dalam Rapat Umum Anggota  (RUA), untuk memilih Ketua Osis periode 2018/2019. Dalam Arahan Kepala Sekolah SMA NEGER1 1 FATULEU, Drs. Ambrosius Pan  mengatakan;

"Pesan saya, yang menjadi calon Ketua Osis harus prestasi secara akademik serta memiliki sikap dan prilaku yang baik dan saya juga mengucapkan terimakasih untuk Ketua Osis periode 2017/2018, yang telah melaksanakan tugas dengan baik".

OSIS merupakan organisasi tingkat sekolah yang tujuannya mengasah kemampuan dan bakat yang dimiliki siswa, sehingga menjadi siswa yang berkarakter dan mampu berorganisasi dengan baik. 
SMA Negeri 1 Fatuleu, melaksanakan pemil…