Skip to main content

Sejarah Perkembangan Cabang Olahraga Kricket di Indonesia

Salam olahraga!,

Sebelum kita sama-sama membahas cabang olahraga Cricket. Yang perlu anda ketahui bahwa penulis salah satu pencinta olahraga yang satu ini, oleh karena itu pantutlah kita membahas apa itu cabang olahraga Cricket dan sejauh manakah perkembangan olahraga ini di Indonesia.

Olahraga kricket adalah salah satu olahraga yang dimainkan oleh semua golongan umur dan semua golongan manusia. Olahraga cricket dimainkan dengan mengunakan bola, bat, stump, dan lapangan. Olahraga cricket merupakan salah satu olahraga yang berasal dari inggris dan olahraga ini sudah dipopulerkan di negara-negara jajahan inggris seperti india, Pakistan, Australia dan sebagainya.

Baca Juga: asal mula api unggun dalam gerakan pramuka

Cricket pertamakali di mainan di Batavia pada tahun 1880. Dalam salah satu literatur tentang letusan gunung krakatau dan kehidupan masyarakat jakarta waktu itu, disebutkan adanya permainan cricket antara batavia cricket club denga tamu cirrus eleven di jakarta. Pada masa tersebut permainan cricket dimainkan di daerah monas Jakarta.

Setelah hampir satu abad berlalu, kisah tentang permainan cricket jarang sekali terdengar, namun dengan adanya pembentukan Internasional Sport Club of Indonesia (ISCI) di tahun 1971 telah mendukung perkembangannya benih kricket di jakarta.

Pada tahun 1992 sejumlah kegiatan olahraga Cricket mulai terlihat aktif dengan adanya beberapa permainan persahabatan dan permainan tur, dimana merupakan cikal bakal terbentuknya jakarta cricket association dan berdirinya sebuah komposisi liga cricket.

Pada saat itulah hampir bersamaan lahirnya JCA, sebuah skenario yang sama juga lahir di bali, dimana pertandingan cricket secara rutin diadakan di bali beach hotel di sanur, dan terbentuknya bali internasional cricket club (BICC).

Dalam perkembangan cricket di Propinsi Nusa Tenggara Timur, pada tahun 1997 cricket mulai dimainkan yaitu anak-anak NTT tepanya di kupang. Kemudian pada tahun 2000 dibentuk yayasan cricket yayasan cricket indonesia yang membantu mengkoordinasi perkembangan cricket di indonesia.Untuk tahap pertama diperkenalkan di wilayah Bali. Perkembangan kricket di wilayah Bali melibatkan banyak sekolah lokal dan sekolah internasional. Pada tahun 2001 olahraga kricket dimainkan dibeberapa daerah di indonesia seperti Bogor, karawang, tanggerang, tanggerang, jakarta, semarang dan lombok, flores, dan kupang.

Sejak lahirnya Indonesia cricket foundation olahraga ini telah berkembang pesat. Pada tahun 2002 untuk pertama kalinya indonesia di ICC EAP kricket turnamen di jepang. Pada saat itu Indonesia dikalahkan oleh tuan rumah pembukaan kompetensi tersebut. Indonesia mengambil bagian dalam ICC EAP cricket cup di vanuatu dalam tahap penyisihan untuk kualifikasi ICC di tahun 2011 dan memberikan cukup baik.

Pada abad sekarang ini, Olahraga kricket sudah dimainkan oleh 93 Negara di dunia dan telah berkembang dengan baik, Amerika dan eropa. Hingga sekarang ini indonesia sudah menjadi anggota organisasi EAP. Hingga sekarang olahraga kricket di indonesia sudah di sosialisasikan di seluruh propinsi di indonesia.

Olahraga yang dimainkan di lapangan berumput ini, sangat menarik untuk anda coba. Di nusa tenggara timur mengelar Champion/ Kejuaraan cricket Tingkat propinsi  dan di ikuti oleh seluruh kabupaten di NTT. Kesimpulan bahwa mari kita bersama memajukan olahraga ini dengan penuh semangat.

Peserta Kejuaraan Daerah Kricket NTT 2017
Sumber Foto: Facebook.com





Comments

Popular posts from this blog

Pelantikan Pengurus Osis dan Pengurus MPK SMA NEGERI 1 FATULEU Tahun 2018

Oelmasi-wartaloha. com. Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Fatuleu Telah melantik Pengurus Osis periode 2018-2019. Pelantikan berlansung pada hari Senin, 24 September 2018, dilapangan SMA Negeri 1 Fatuleu. 
Upacara pelantikan dibuka oleh kepala sekolah SMA N 1 Fatuleu, dalam sambutannya, Drs. Ambrosius Pan menyatakan,  "Osis merupakan organisasi yang ada di sekolah ini, sehingga saya berharap badan pengurus Osis yang baru bisa menjalankan tugas dengan baik secara kronologis dan sinkron dengan semua program yang ada di sekolah dan juga program Osis harus bisa membawa perubahan bagi perkembangan sekolah kita dan ditularkan dengan baik. Pada kesempatan ini juga saya menyampaikan ucapan terimakasih kepada  pengurus Osis yang lama yang telah melaksanakan tugas dengan baik, walaupun masih ada kekurangan dalam menjalankan tugas selama ini terutama berkaitan dengan eksistensi kita di tingkat propinsi", ujar Kepala Sekolah.
Pada kesempatan yang sama juga ketua Osis terpilih Emanuel Yudi…

Apakah Anda Belum Mahir Menjadi Pembina PRAMUKA?, Mungkin Ini solusinnya!

Kurikulum 2013 mewajibkan Kegiatan pramuka diseluruh sekolah di tanah air. Pramuka menjadi kegiatan ekstra kurikuler wajib yang harus dilaksanakan disetiap sekolah mulai dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas/Madrasah bahkan sampai Perguruan tinggi, kebijakan tersebut tertuang dalam
Keputusan Presiden RI Nomor 238 Tahun 1961 berbunyi: bahwa Gerakan Pramuka sebagai kelanjutan dan Pembaharuan Gerakan Kecanduan Nasional serta bertanggungjawab atas kelestarian Negara Kesatuan Republik Indonesia yang di topang oleh empat Pilar wawasan Kebangsaan, yaitu
1. Ideologi Pancasila
2. Undang-Udang Dasar 19945
3. Bhineka Tunggal Ika
4. Negara Kesatuan Republik Indonesia
Dengan asas Pancasila, Gerakan Pramuka Menyelenggarakan Pendidikan kaum Muda Sebagai kaderisasi Kepemimpinan Masa depan bangsa dan negara.
Untuk memperjelas arah dan eksistensi Gerakan Pramuka di indonesia, maka dibentuk Undang-undang Gerakan Pramuka Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka adalah organisasi yang menyel…

Dinamika Pemilihan Ketua Osis SMA NEGERI 1 FATULEU Tahun 2018, Berlansung Alot, layaknya Pemilihan Umum

Oelmasi, wartaloha.com- SMA Negeri 1 Fatuleu telah memilih Ketua Osis yang baru, Jumat, 14 September tahun 2018, berlansung di Aula SMA NEGERI 1 FATULEU, mulai pukul 10.00 WIT hingga pukul 15.00 WIT.

Sejumlah pesertadidik serta Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, pembina Osis, Pembina Pramuka SMA NEGERI 1 FATULEU turut hadir dalam Rapat Umum Anggota  (RUA), untuk memilih Ketua Osis periode 2018/2019. Dalam Arahan Kepala Sekolah SMA NEGER1 1 FATULEU, Drs. Ambrosius Pan  mengatakan;

"Pesan saya, yang menjadi calon Ketua Osis harus prestasi secara akademik serta memiliki sikap dan prilaku yang baik dan saya juga mengucapkan terimakasih untuk Ketua Osis periode 2017/2018, yang telah melaksanakan tugas dengan baik".

OSIS merupakan organisasi tingkat sekolah yang tujuannya mengasah kemampuan dan bakat yang dimiliki siswa, sehingga menjadi siswa yang berkarakter dan mampu berorganisasi dengan baik. 
SMA Negeri 1 Fatuleu, melaksanakan pemil…