Skip to main content

Hasil Penelitian Tentang Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban Sebagai Suatu Alat Pengendalian Biaya (Studi Kasus Pada PT Pelni Cabang Kupang)

Abstraksi

PT. Pelni Cabang Kupang merupakan perusahaan yang bergerak dalam pelayanan jasa khususnya pada penjualan tiket. Penerapan Akuntansi pertanggung jawaban sanggat dibutuhkan dalam sebuah perusahaan karena akuntansi pertanggung jawaban merupakan system yang membandingkan rencana (anggaran) dengan tindakan (Hasil sesumguhnya), dari setiap pusat pertanggung jawaban yang digunakan untuk mengukur kinerja seseorang/atau departemen dalam mencapai tujuan perusahaan.

Sedangkan pengendalian biaya merupakan tindakan yang dilakukan untuk mengarahkan aktivitas agar tidak menyimpang dengan tujuan yang telah ditetapkan. Dari latar belakang diatas, penelitian bertujuan untuk mengetahui peranan penerapan akuntansi pertanggung jawaban dalam menunjang efisiensi pengendalian biaya pada PT. Pelni Cabang Kupang.

Yang menjadi persoalan dalam penelitian ini adalah;

1. Apakah penerapan akuntansi 

pertanggungjawaban pada PT. Pelni Cabang Kupang telah diterapkan dengan Baik?

2. Apakah akuntansi pertanggungjawab sangat berperan dalam menunjang efisiensi pengendalian biaya pada PT. Pelni Cabang Kupang?

Konsep penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adlah;

1. Akuntansi pertanggung jawaban adalah suatu sistem yang membandingkan rencana (anggaran) dengan tindakan (Hasil yang sesungguhnya)

2. Pengendalian Biaya adalah tindakan yang dilakukan untuk mengarahkan aktivitas agar tidak menyimpang dari tujuan yang diharapkan

Kerangka dasar dalam penelitian ini merupakan gambaran  secara sistematis tentang pengaruh variabel bebas dan independen yang dimaksud dalam penelitian ini adalah akuntansi pertanggung jawaban sebagai suatu alat pengendalian biaya pada PT. Pelni Cabang Kupang.

Dasar pikir adalah bahwa penerapan akuntansi pertanggung jawaban pada perusahaan yang relatif besar sangat perlu menerapkan akuntansi pertanggung jawaban karena dalam perusahaan tersebut telah dibagi unit-unit oraganisasi dengan melimpahkan wewenang secara jelas dan tegas sesuai dengan tupoksinya.

Semakin tinggi aktivitas suatu perusahan menyebabkan pimpinan tidak dapat memantau seluruh aktivitas  perusahaan secara langsung, sehingga manajemen memerlukan suatu alat bantu pengendalian terhadap aktivitas pekerjaan bawahannya. Informasi akuntansi pertanggung jawaban sanggat penting dalam pengendalian sebuah organisasi.

Pengendalian dilakukan dengan cara memberikan peran bagi setiap manajer untuk merencanakan pendapatan dan biaya sesuai dengan tanggung jawabanya. Tujuannya adalah agar tidak terjadi penyimpangan terhadap biaya dlam perusahaan sehingga perusahan tidak mengalami kerugian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. PELNI cabang kupang secara umum belum menerapkan akuntansi pertanggung jawaban sesuai dengan syarat-syarat akuntansi pertanggung jawaban hal ini dapat dilihat belum adanya pemisahan biaya terkendali dan tidak terkendali sehingga jika terjadi penyimpangan realisasi dari anggaran yang ditetapkan, sehingga tidak dapat menetapkan pusat pertanggung jawaban yang bertanggung jawab atas penyimpangan tersebut dan hasil penelitian menunjukkan penerapan akuntansi pertanggung jawaban belum bisa berperan dalam efisien pengendalian biaya, hal ini dapat dilihat biaya usaha PT. Pelni sebesar RP. 70. 930.000.00 atau 196% lebih dari 100% dari anggaran yang ditetapkan, karena Pengendalian Biaya dikalangan efesien apabila realisasi besarannya kurang 100% dari anggaran biaya atau tidak melebihi anggaran biaya yang telah ditetapkan.

Demikian hasil penelitian tersebut diatas, sebagai suatu syarat atau matakuliah skripsi di Fakultas Universitas Kristen Artha Wacana. Peneliti: Valentine E. RIHI: Tahun 2012

Peneliti



Comments

Popular posts from this blog

Pelantikan Pengurus Osis dan Pengurus MPK SMA NEGERI 1 FATULEU Tahun 2018

Oelmasi-wartaloha. com. Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Fatuleu Telah melantik Pengurus Osis periode 2018-2019. Pelantikan berlansung pada hari Senin, 24 September 2018, dilapangan SMA Negeri 1 Fatuleu. 
Upacara pelantikan dibuka oleh kepala sekolah SMA N 1 Fatuleu, dalam sambutannya, Drs. Ambrosius Pan menyatakan,  "Osis merupakan organisasi yang ada di sekolah ini, sehingga saya berharap badan pengurus Osis yang baru bisa menjalankan tugas dengan baik secara kronologis dan sinkron dengan semua program yang ada di sekolah dan juga program Osis harus bisa membawa perubahan bagi perkembangan sekolah kita dan ditularkan dengan baik. Pada kesempatan ini juga saya menyampaikan ucapan terimakasih kepada  pengurus Osis yang lama yang telah melaksanakan tugas dengan baik, walaupun masih ada kekurangan dalam menjalankan tugas selama ini terutama berkaitan dengan eksistensi kita di tingkat propinsi", ujar Kepala Sekolah.
Pada kesempatan yang sama juga ketua Osis terpilih Emanuel Yudi…

Apakah Anda Belum Mahir Menjadi Pembina PRAMUKA?, Mungkin Ini solusinnya!

Kurikulum 2013 mewajibkan Kegiatan pramuka diseluruh sekolah di tanah air. Pramuka menjadi kegiatan ekstra kurikuler wajib yang harus dilaksanakan disetiap sekolah mulai dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas/Madrasah bahkan sampai Perguruan tinggi, kebijakan tersebut tertuang dalam
Keputusan Presiden RI Nomor 238 Tahun 1961 berbunyi: bahwa Gerakan Pramuka sebagai kelanjutan dan Pembaharuan Gerakan Kecanduan Nasional serta bertanggungjawab atas kelestarian Negara Kesatuan Republik Indonesia yang di topang oleh empat Pilar wawasan Kebangsaan, yaitu
1. Ideologi Pancasila
2. Undang-Udang Dasar 19945
3. Bhineka Tunggal Ika
4. Negara Kesatuan Republik Indonesia
Dengan asas Pancasila, Gerakan Pramuka Menyelenggarakan Pendidikan kaum Muda Sebagai kaderisasi Kepemimpinan Masa depan bangsa dan negara.
Untuk memperjelas arah dan eksistensi Gerakan Pramuka di indonesia, maka dibentuk Undang-undang Gerakan Pramuka Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka adalah organisasi yang menyel…

Dinamika Pemilihan Ketua Osis SMA NEGERI 1 FATULEU Tahun 2018, Berlansung Alot, layaknya Pemilihan Umum

Oelmasi, wartaloha.com- SMA Negeri 1 Fatuleu telah memilih Ketua Osis yang baru, Jumat, 14 September tahun 2018, berlansung di Aula SMA NEGERI 1 FATULEU, mulai pukul 10.00 WIT hingga pukul 15.00 WIT.

Sejumlah pesertadidik serta Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, pembina Osis, Pembina Pramuka SMA NEGERI 1 FATULEU turut hadir dalam Rapat Umum Anggota  (RUA), untuk memilih Ketua Osis periode 2018/2019. Dalam Arahan Kepala Sekolah SMA NEGER1 1 FATULEU, Drs. Ambrosius Pan  mengatakan;

"Pesan saya, yang menjadi calon Ketua Osis harus prestasi secara akademik serta memiliki sikap dan prilaku yang baik dan saya juga mengucapkan terimakasih untuk Ketua Osis periode 2017/2018, yang telah melaksanakan tugas dengan baik".

OSIS merupakan organisasi tingkat sekolah yang tujuannya mengasah kemampuan dan bakat yang dimiliki siswa, sehingga menjadi siswa yang berkarakter dan mampu berorganisasi dengan baik. 
SMA Negeri 1 Fatuleu, melaksanakan pemil…