Skip to main content

Gawat!, Orang Lemah, Susah Mendapatkan Keadilan!


Untuk menemukan keadilan di dunia zaman sekarang, susah kita dapat dengan cuma-cuma, karena untuk mendapatkan keadilan membutuhkan perjuangan dan tenaga yang cukup. Fenomena yang terjadi sekarang ini, orang yang lemah sangat susah mendapatkan keadilan dalam hidupnya. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya keluhan-keluhan rakyat kecil yang tidak paham, harus kemana mendapatkan Keadilannya. Apakah kalau tidak mendapatkan keadilan harus melaporkan kepada aparat penegak hukum?, apakah cukup dengan mendoakan semoga Tuhan memberikan yang terbaik buat dirinya?, dan masih banyak pertanyaan yang masih terpendam dalam dalam hatinya.

Contohnya kasus misalnya, ketika atasan ditempat kerja anda melakukan perbuatan yang melanggar hak-hak kita sebagai bawahannya, memotong gaji tampa ada pertimbangan yang bijak, mengancam anda dipecat kalau melawan perbuatannya dan masih banyak contoh kasus lainya. Kemudian apa yang anda lakukan, apakah melaporkan kasus tersebut kepada ranah hukum?, apakah modal anda cukup untuk membiayai perkara tersebut?, Bagaimana kesiapan mental anda?, apakah anda siapa menghadapi risiko dipecat, kalau bukti yang anjukan tidak cukup menjerat atasan anda. 

Tentu anda mempertimbangan cukup matang untuk melanjutkan kasus tersebut keranah hukum. Kemudian apakah ada solusi yang tepat dari contoh kasus diatas!, tentunya melalui meditasi antara atasan dengan anda, supaya kasus tersebut di selesaikan dengan kekeluargaan. Mungkin mempertimbangan dari aspek hubungan sosial serta dipengaruhi oleh budaya tempat atau daerah anda.
Akan tetapi kalau anda terus mendiamkan diri, tidak melakukan apa-apa, apa jadinya!, Jangan biarkan diri anda stres atau frustrasi, sebaiknya segera melakukan tindakan. Apapun yang terjadi harus memperjuangan Keadilan, tunjukan kepada atasan anda bahwa anda maupun memperjuangkan keadilan entah dengan cara apapun, yang terpenting mendapatkan keadilan. 

Oleh karena itu, untuk memperjelas apakah yang dimaksudkan dengan Keadilan, simak penjelasan berikut ini, "Keadilan adalah kondisi kebenaran ideal secara moral mengenai sesuatu hal, baik menyangkut benda atau orang. Menurut sebagian besar teori, keadilan memiliki tingkat kepentingan yang besar. 

John Rawls, filsuf Amerika Serikat yang dianggap salah satu filsuf politik terkemuka abad ke-20, menyatakan bahwa "Keadilan adalah kelebihan (virtue) pertama dari institusi sosial, sebagaimana halnya kebenaran pada sistem pemikiran" 

1. Tapi, menurut kebanyakan teori juga, keadilan belum lagi tercapai: "Kita tidak hidup di dunia yang adil" 

2. Kebanyakan orang percaya bahwa ketidakadilan harus dilawan dan dihukum, dan banyak gerakan sosial dan politis di seluruh dunia yang berjuang menegakkan keadilan. Tapi, banyaknya jumlah dan variasi teori keadilan memberikan pemikiran bahwa tidak jelas apa yang dituntut dari keadilan dan realita ketidak adilan, karena definisi apakah keadilan itu sendiri tidak jelas. keadilan intinya adalah meletakkan segala sesuatunya pada tempatnya.

Disemua tempat kerja pasti ada aturan yang harus dipatuhi oleh semua karyawan yang bekerja dikantor tersebut. Kalau suatu Ketika Anda melanggar aturan dikantor pasti anda sanksinya, berupa pemotongan gaji bahkan bisa di PHK. Kasihan sekali kalau anda mengalami lansung sanksi tersebut. 

Kemudian, Atasan anda melakukan tindakan dengan membuat kebijakan yang sifatnya menguntungkan bawahannya. Pastinya anda senang dengan atasan tersebut. Tentu keadilan bisa anda dapat ketika atasan anda memahami apa itu keadilan dan kebijakan. Aturan bisa dikalahkan dengan kebijakan sepanjang tidak melanggar Hukum yang berlaku. Keadilan bisa didapatkan ketika atasan anda membuat keputusan dengan bijak.

Kesimpulannya lakukan yang terbaik untuk perkerjaan anda, dengan menaati aturan yang telah disepakati. Keadilan hanya milik Sang Pencipta, Tuhanlah pemberi keadilan, bukan manusia. Semoga bermanfaat., fian.


Comments

Popular posts from this blog

Pelantikan Pengurus Osis dan Pengurus MPK SMA NEGERI 1 FATULEU Tahun 2018

Oelmasi-wartaloha. com. Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Fatuleu Telah melantik Pengurus Osis periode 2018-2019. Pelantikan berlansung pada hari Senin, 24 September 2018, dilapangan SMA Negeri 1 Fatuleu. 
Upacara pelantikan dibuka oleh kepala sekolah SMA N 1 Fatuleu, dalam sambutannya, Drs. Ambrosius Pan menyatakan,  "Osis merupakan organisasi yang ada di sekolah ini, sehingga saya berharap badan pengurus Osis yang baru bisa menjalankan tugas dengan baik secara kronologis dan sinkron dengan semua program yang ada di sekolah dan juga program Osis harus bisa membawa perubahan bagi perkembangan sekolah kita dan ditularkan dengan baik. Pada kesempatan ini juga saya menyampaikan ucapan terimakasih kepada  pengurus Osis yang lama yang telah melaksanakan tugas dengan baik, walaupun masih ada kekurangan dalam menjalankan tugas selama ini terutama berkaitan dengan eksistensi kita di tingkat propinsi", ujar Kepala Sekolah.
Pada kesempatan yang sama juga ketua Osis terpilih Emanuel Yudi…

Apakah Anda Belum Mahir Menjadi Pembina PRAMUKA?, Mungkin Ini solusinnya!

Kurikulum 2013 mewajibkan Kegiatan pramuka diseluruh sekolah di tanah air. Pramuka menjadi kegiatan ekstra kurikuler wajib yang harus dilaksanakan disetiap sekolah mulai dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas/Madrasah bahkan sampai Perguruan tinggi, kebijakan tersebut tertuang dalam
Keputusan Presiden RI Nomor 238 Tahun 1961 berbunyi: bahwa Gerakan Pramuka sebagai kelanjutan dan Pembaharuan Gerakan Kecanduan Nasional serta bertanggungjawab atas kelestarian Negara Kesatuan Republik Indonesia yang di topang oleh empat Pilar wawasan Kebangsaan, yaitu
1. Ideologi Pancasila
2. Undang-Udang Dasar 19945
3. Bhineka Tunggal Ika
4. Negara Kesatuan Republik Indonesia
Dengan asas Pancasila, Gerakan Pramuka Menyelenggarakan Pendidikan kaum Muda Sebagai kaderisasi Kepemimpinan Masa depan bangsa dan negara.
Untuk memperjelas arah dan eksistensi Gerakan Pramuka di indonesia, maka dibentuk Undang-undang Gerakan Pramuka Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka adalah organisasi yang menyel…

Dinamika Pemilihan Ketua Osis SMA NEGERI 1 FATULEU Tahun 2018, Berlansung Alot, layaknya Pemilihan Umum

Oelmasi, wartaloha.com- SMA Negeri 1 Fatuleu telah memilih Ketua Osis yang baru, Jumat, 14 September tahun 2018, berlansung di Aula SMA NEGERI 1 FATULEU, mulai pukul 10.00 WIT hingga pukul 15.00 WIT.

Sejumlah pesertadidik serta Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, pembina Osis, Pembina Pramuka SMA NEGERI 1 FATULEU turut hadir dalam Rapat Umum Anggota  (RUA), untuk memilih Ketua Osis periode 2018/2019. Dalam Arahan Kepala Sekolah SMA NEGER1 1 FATULEU, Drs. Ambrosius Pan  mengatakan;

"Pesan saya, yang menjadi calon Ketua Osis harus prestasi secara akademik serta memiliki sikap dan prilaku yang baik dan saya juga mengucapkan terimakasih untuk Ketua Osis periode 2017/2018, yang telah melaksanakan tugas dengan baik".

OSIS merupakan organisasi tingkat sekolah yang tujuannya mengasah kemampuan dan bakat yang dimiliki siswa, sehingga menjadi siswa yang berkarakter dan mampu berorganisasi dengan baik. 
SMA Negeri 1 Fatuleu, melaksanakan pemil…