Skip to main content

Sambutan;"Hindari Menciptakan Stigma".

Mengenang Almarhum Piet Alexander Tallo, SH.

Mantan Gubernur NTT beberapa periode ini, memberi sambutan pada hari ulang tahun Propinsi Nusa Tenggara Timur ke 48 tahun, di beritakan di Media" warta Nusa Tenggara Timur" halaman  3 edisi oktober-desember Tahun 2006.
Wartaloha t√®rinspirasi dengan judul sambutannya, " Hindari Menciptakan Stigma", kenapa penting sekali ulasan ini dimuat kembali!, seperti yang  kita amati kondisi bangsa sekarang ini khususnya daerah Nusa Tenggara Timur tercinta, banyak informasi yang tidak cermati dengan baik oleh masyarakat dalam menanggapi segala fenomena dan informasi yang sangat menggangu kehidupan rakyat itu sendiri. Seperti informasi palsu atau sering disebut informasi Hoax. Apabila masyarakat tidak memfilter dengan baik segala informasi yang sengaja diciptakan oleh sekelompok orang tertentu, yang sengaja menggangu kehidupan masayarakat maka ini berbahaya terhadap sendi-sendi kehidupan yang ada.

Oleh karena itu supaya lebih jelas, dibawah ini penulis memaparkan kembali Kutipan sambutan almarhum Piet Alexander Tallo, SH , HUT NTT KE 48 tahun;

"Mencermati realitas pembangunan, banyak sudah yang telah dicapai namun banyak yang perlu dibenahi. Fakta ini hendaknya menjadi bahan pemenungan guna memacu diri dalam memberikan yang terbaik bagi daerah ini diwaktu mendatang. Ada suatu fenomena  prilaku yang patut diwaspadai saat ini" stigmatisasi". Kecenderungan menciptakan stigma ini tidak saja memanfaatkan karakter alam, kondisi ekonomi, tapi kini meluas yakni pada semua permasalahan yang terjadi dalam masyarakat seolah-olah itu kondisi NTT yang sebenarnya. Jebakan atau tekanan stigma ini secara psikologis melemahkan moral dan daya juang penduduk untuk keluar dari masalah dan jika dibandingkan dengan upaya dan usaha lainya, ia merupakan perintang yang jauh lebih sulit untuk dihilangkan.
Untuk itu melalui peringatan Hut NTT KE 48 ini, saya mengajak kita semua untuk lebih arif dan bijaksana dalam mencermati fenomena yang terjadi dalam masyarakat serta berupaya mencari penyelesaian, bukan sebaliknya diobjekam untuk kepentingan diri dam kelompok. Hindari Menciptakan Stigma merupakan kata kunci yang patut diteladani oleh kita semua sekaligus kado spesial dalam memperingati HUT NTT KE 48.
Kedepan akan ada banyak persoalan hidup dan kehidupan yang kita hadapi, baik itu dinamika kehidupan yang terus tumbuh maupun dampak dari kemajuan pembangunan itu sendiri, akan tetapi kondisi ini hendaknya tidak menyurutkan langkah dan tepat untuk maju. Optimisme ini hendaknya menjadi spirit yang terus menyala dalam setiap upaya dan usaha untuk memberikan yang terbaik bagi daerah yang kita cintai".

Pesan atau sambutan diatas mengingatkan kita atas kondisi sekarang. Apalagi di tahun politik 2019 banyak orang atau sekelompok orang yang berusaha menciptakan informasi yang kurang tepat untuk kepentingan sendiri. Itulah KESIMPULAN dari sambutan matan Gubernur NTT, ALMARHUM Piet Alexander Tallo, SH.
Semoga bermanfaat untuk semuanya.

Sumber: warta Nusa Tenggara Timur/;edisi oktober-desember 2006, hlm 3.
Foto: Biro Humas Setda Prov. NTT





Comments

Popular posts from this blog

Pelantikan Pengurus Osis dan Pengurus MPK SMA NEGERI 1 FATULEU Tahun 2018

Oelmasi-wartaloha. com. Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Fatuleu Telah melantik Pengurus Osis periode 2018-2019. Pelantikan berlansung pada hari Senin, 24 September 2018, dilapangan SMA Negeri 1 Fatuleu. 
Upacara pelantikan dibuka oleh kepala sekolah SMA N 1 Fatuleu, dalam sambutannya, Drs. Ambrosius Pan menyatakan,  "Osis merupakan organisasi yang ada di sekolah ini, sehingga saya berharap badan pengurus Osis yang baru bisa menjalankan tugas dengan baik secara kronologis dan sinkron dengan semua program yang ada di sekolah dan juga program Osis harus bisa membawa perubahan bagi perkembangan sekolah kita dan ditularkan dengan baik. Pada kesempatan ini juga saya menyampaikan ucapan terimakasih kepada  pengurus Osis yang lama yang telah melaksanakan tugas dengan baik, walaupun masih ada kekurangan dalam menjalankan tugas selama ini terutama berkaitan dengan eksistensi kita di tingkat propinsi", ujar Kepala Sekolah.
Pada kesempatan yang sama juga ketua Osis terpilih Emanuel Yudi…

Apakah Anda Belum Mahir Menjadi Pembina PRAMUKA?, Mungkin Ini solusinnya!

Kurikulum 2013 mewajibkan Kegiatan pramuka diseluruh sekolah di tanah air. Pramuka menjadi kegiatan ekstra kurikuler wajib yang harus dilaksanakan disetiap sekolah mulai dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas/Madrasah bahkan sampai Perguruan tinggi, kebijakan tersebut tertuang dalam
Keputusan Presiden RI Nomor 238 Tahun 1961 berbunyi: bahwa Gerakan Pramuka sebagai kelanjutan dan Pembaharuan Gerakan Kecanduan Nasional serta bertanggungjawab atas kelestarian Negara Kesatuan Republik Indonesia yang di topang oleh empat Pilar wawasan Kebangsaan, yaitu
1. Ideologi Pancasila
2. Undang-Udang Dasar 19945
3. Bhineka Tunggal Ika
4. Negara Kesatuan Republik Indonesia
Dengan asas Pancasila, Gerakan Pramuka Menyelenggarakan Pendidikan kaum Muda Sebagai kaderisasi Kepemimpinan Masa depan bangsa dan negara.
Untuk memperjelas arah dan eksistensi Gerakan Pramuka di indonesia, maka dibentuk Undang-undang Gerakan Pramuka Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka adalah organisasi yang menyel…

Dinamika Pemilihan Ketua Osis SMA NEGERI 1 FATULEU Tahun 2018, Berlansung Alot, layaknya Pemilihan Umum

Oelmasi, wartaloha.com- SMA Negeri 1 Fatuleu telah memilih Ketua Osis yang baru, Jumat, 14 September tahun 2018, berlansung di Aula SMA NEGERI 1 FATULEU, mulai pukul 10.00 WIT hingga pukul 15.00 WIT.

Sejumlah pesertadidik serta Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, pembina Osis, Pembina Pramuka SMA NEGERI 1 FATULEU turut hadir dalam Rapat Umum Anggota  (RUA), untuk memilih Ketua Osis periode 2018/2019. Dalam Arahan Kepala Sekolah SMA NEGER1 1 FATULEU, Drs. Ambrosius Pan  mengatakan;

"Pesan saya, yang menjadi calon Ketua Osis harus prestasi secara akademik serta memiliki sikap dan prilaku yang baik dan saya juga mengucapkan terimakasih untuk Ketua Osis periode 2017/2018, yang telah melaksanakan tugas dengan baik".

OSIS merupakan organisasi tingkat sekolah yang tujuannya mengasah kemampuan dan bakat yang dimiliki siswa, sehingga menjadi siswa yang berkarakter dan mampu berorganisasi dengan baik. 
SMA Negeri 1 Fatuleu, melaksanakan pemil…