Skip to main content

Penguatan Pendidikan Karakter Siswa, Melalui Esktrakurikuler Pramuka

Salam Pramuka!!
Membangun Karakter Lewat Pramuka!!
Itulah topik yang menarik untuk disimak oleh pembaca yang setia di wartaloha

Negara ini dibentuk untuk maju dalam segala bidang yang tujuan akhirnya mensejahtrakan rakyat indonesia dan menjadi Negara yang disegani oleh Negara lain di dunia. Hal  tersebut merupakan salah satu cita-cita yang harus diperjuangkan. Namun Untuk menggapainya tidak semudah membalikan telapak tangan tetapi melalui proses yang panjang. Bidang Pendidikan berperan penting dalam pembagunam bangsa ke arah yang lebih maju, salah satu aspek yang digagas adalah Pendidikan Karakter. Karakter yang baik mencerminkan bangsa yang maju dan ungul dalam segala bidang. Tentu ini harapan Bangsa Indonesia.

Untuk itu Pemerintah telah melaksanakan fungsinya, dengan membuat regulasi untuk memperkuat pendidikan karakter melalui kegiatan Esktrakurikuler Pramuka. Dengan Permendikbud Nomor 63 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Pramuka Sebagai Kegiatan Ekstra kurikuler Wajib Pada Pendidikan Dasar Dan Menengah

Pendidikan Pramuka Sebagai salah satu wadah kegiatan kepanduan di sekolah merupakan tempat pendidikan bagi anak-anak yang dilaksanakan dengan penuh kegembiraan, menyenangkan, menantang, serta berinovasi dengan tujuan membentuk sikap dan mental peserta didik berakhlak mulia, sopan santun, rasa cinta kasih, patriot, SUCI dalam pikiran maupun perbuatan, Cinta Tanah air Pancasila dan UUD 1945 dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Untuk memperjelas  kaitan antara kegiatan Estrakuler Pramuka dengan Pendidikan Karakter, beberapa pengertian Para Ahli tentang Pendidikan Karakter, sebagai berikut;
1.  Pendidikan Karakter Menurut Lickona
Secara sederhana, Pendidapat didefinisikan sebagai segala usaha yang dapat dilakukan untuk mempengaruhi karakter siswa. Tetapi untuk mengetahui pengertian yang tepat, dapat dikemukakan di sini definisi pendidikan karakter yang disampaikan oleh Thomas Lickona. Lickona menyatakan bahwa pengertian pendidikan karakter adalah suatu usaha yang disengaja untuk membantu seseorang sehingga ia dapat memahami, memperhatikan, dan melakukan nilai-nilai etika yang inti.
2.  Pendidikan Karakter Menurut Suyanto
Suyanto (2009) Pendidikan Karakter sebagai cara berpikir dan berperilaku yang menjadi ciri khas tiap individu untuk hidup dan bekerja sama, baik dalam lingkup keluarga, masyarakat, bangsa, maupun  negara.
Oleh karena itu organisasi Gerakan Pramuka di tingkat Gugus Depan yang ada di satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah harus berperan aktif dalam melaksanakan kegiatan Esktrakurikuler Pramuka. Program kerja yang dirancang harus  berorientasi pada pendidikan karakter serta bersifat inovasi sesuai dengan perkembangan zaman.

Kemudian Program seperti apa yang diharapkan berkaitan dengan pendidikan karakter. Adapun sejumlah program kerja yang berorientasi untuk penguatan karakter, khusus siswa/siswi di tingkat satuan Gerakan Pramuka/gugus depan baik ditingkat pendidikan dasar maupun Pendidikan Menengah yaitu:

1. Latihan PBB
Latihan peraturan baris berbaris memiliki manfaat yang sangat besar berkaitan dengan pendidikan karakter. Tujuan latihan PBB untuk meningkatkan dan melatih kedisiplinan, menumbuhkan semangat nasionalisme, Cinta Tanah air,  melatih kebugaran jasmani dan melatih mental siswa dalam menghadapi berbagai tantangan dalam Kehidupan sehari-hari.

2. Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (LKTD)
Tujuan latihan kepemimpinan tingkat dasar adalah memberikan bekal kepada siswa supaya paham tentang cara berorganisasi serta belajar Publik Speaking/berbicara depan umum dan belajar administrasi organisasi.

3. Berkemah
Kemah pramuka biasa dilaksanakan di satuan gugus depan, Kwartir cabang, Kwartir daerah dan Kwartir Nasional gerakan pramuka. Kegiatan biasa dilakukan merayakan HUT Pramuka, Ramuna, Perjusami, perkemahan wirakarya dan Kegiatan perkemahan lainya sesuai kebutuhan di organisasi pramuka. Manfaat yang diperoleh dalam kegiatan Perkemahan adalah melatih mental siswa, melatih hidup mandiri, belajar bersosialisasi, menumbuhkan kreatifitas siswa dibidang seni.

4. Kursus Kewirausahaan
Tujuan kursus kewirausahaan adalah memberikan bekal kepada siswa untuk berwirausaha sesuai perkembangan zaman, melatih berinovasi di bidang kewirausahaan dan tujuan lainya yang dapat menambah pengalaman siswa berwirausaha.

Empat contoh kegiatan tersebut diatas dapat dilaksanakan ditingkat gugus depan satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Oleh karena itu tujuan kegiatan pramuka harus berorientasi kepada pendidikan karakter supaya menghasilkan generasi penerus bangsa yang berwawasan, berkarakter dan berbudaya sesuai yang diharapkan Bangsa Indonesia.

Sumber: UU RI NO 20 TAHUN 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional;
             https://www.lyceum.id;
             Program Kerja Gugus Depan SMA.N 1 FATULEU Tahun 2018.

By Pembina Pramuka SMAMSAFAT Kupang


  Latihan Rutin Gudep SMANSAFAT Kupang


Comments

Popular posts from this blog

Pelantikan Pengurus Osis dan Pengurus MPK SMA NEGERI 1 FATULEU Tahun 2018

Oelmasi-wartaloha. com. Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Fatuleu Telah melantik Pengurus Osis periode 2018-2019. Pelantikan berlansung pada hari Senin, 24 September 2018, dilapangan SMA Negeri 1 Fatuleu. 
Upacara pelantikan dibuka oleh kepala sekolah SMA N 1 Fatuleu, dalam sambutannya, Drs. Ambrosius Pan menyatakan,  "Osis merupakan organisasi yang ada di sekolah ini, sehingga saya berharap badan pengurus Osis yang baru bisa menjalankan tugas dengan baik secara kronologis dan sinkron dengan semua program yang ada di sekolah dan juga program Osis harus bisa membawa perubahan bagi perkembangan sekolah kita dan ditularkan dengan baik. Pada kesempatan ini juga saya menyampaikan ucapan terimakasih kepada  pengurus Osis yang lama yang telah melaksanakan tugas dengan baik, walaupun masih ada kekurangan dalam menjalankan tugas selama ini terutama berkaitan dengan eksistensi kita di tingkat propinsi", ujar Kepala Sekolah.
Pada kesempatan yang sama juga ketua Osis terpilih Emanuel Yudi…

Apakah Anda Belum Mahir Menjadi Pembina PRAMUKA?, Mungkin Ini solusinnya!

Kurikulum 2013 mewajibkan Kegiatan pramuka diseluruh sekolah di tanah air. Pramuka menjadi kegiatan ekstra kurikuler wajib yang harus dilaksanakan disetiap sekolah mulai dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas/Madrasah bahkan sampai Perguruan tinggi, kebijakan tersebut tertuang dalam
Keputusan Presiden RI Nomor 238 Tahun 1961 berbunyi: bahwa Gerakan Pramuka sebagai kelanjutan dan Pembaharuan Gerakan Kecanduan Nasional serta bertanggungjawab atas kelestarian Negara Kesatuan Republik Indonesia yang di topang oleh empat Pilar wawasan Kebangsaan, yaitu
1. Ideologi Pancasila
2. Undang-Udang Dasar 19945
3. Bhineka Tunggal Ika
4. Negara Kesatuan Republik Indonesia
Dengan asas Pancasila, Gerakan Pramuka Menyelenggarakan Pendidikan kaum Muda Sebagai kaderisasi Kepemimpinan Masa depan bangsa dan negara.
Untuk memperjelas arah dan eksistensi Gerakan Pramuka di indonesia, maka dibentuk Undang-undang Gerakan Pramuka Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka adalah organisasi yang menyel…

Dinamika Pemilihan Ketua Osis SMA NEGERI 1 FATULEU Tahun 2018, Berlansung Alot, layaknya Pemilihan Umum

Oelmasi, wartaloha.com- SMA Negeri 1 Fatuleu telah memilih Ketua Osis yang baru, Jumat, 14 September tahun 2018, berlansung di Aula SMA NEGERI 1 FATULEU, mulai pukul 10.00 WIT hingga pukul 15.00 WIT.

Sejumlah pesertadidik serta Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, pembina Osis, Pembina Pramuka SMA NEGERI 1 FATULEU turut hadir dalam Rapat Umum Anggota  (RUA), untuk memilih Ketua Osis periode 2018/2019. Dalam Arahan Kepala Sekolah SMA NEGER1 1 FATULEU, Drs. Ambrosius Pan  mengatakan;

"Pesan saya, yang menjadi calon Ketua Osis harus prestasi secara akademik serta memiliki sikap dan prilaku yang baik dan saya juga mengucapkan terimakasih untuk Ketua Osis periode 2017/2018, yang telah melaksanakan tugas dengan baik".

OSIS merupakan organisasi tingkat sekolah yang tujuannya mengasah kemampuan dan bakat yang dimiliki siswa, sehingga menjadi siswa yang berkarakter dan mampu berorganisasi dengan baik. 
SMA Negeri 1 Fatuleu, melaksanakan pemil…