Selamat datang di wartaloha**Semoga Bermanfaat** Terimakasih Atas Kunjungan Anda** Dengan Membaca Anda Dapat Menguasai Dunia** Senang Berkerjasama dengan Anda**Kontak Redaksi Wartaloha, HP:085239228098, flafianusjeadun188@gmail.com

Sunday, 11 November 2018

Meningkatkan Pendidikan Karakter Siswa, Melalui Esktrakurikuler Pramuka

| Sunday, 11 November 2018
Salam Pramuka!!
Membangun Karakter Lewat Pramuka!!
Itulah topik yang menarik untuk disimak oleh pembaca yang setia di wartaloha

Negara ini dibentuk untuk maju dalam segala bidang yang tujuan akhirnya mensejahtrakan rakyat indonesia dan menjadi Negara yang disegani oleh Negara lain di dunia. Hal  tersebut merupakan salah satu cita-cita yang harus diperjuangkan. Namun Untuk menggapainya tidak semudah membalikan telapak tangan tetapi melalui proses yang panjang. Bidang Pendidikan berperan penting dalam pembagunam bangsa ke arah yang lebih maju, salah satu aspek yang digagas adalah Pendidikan Karakter. Karakter yang baik mencerminkan bangsa yang maju dan ungul dalam segala bidang. Tentu ini harapan Bangsa Indonesia.

Untuk itu Pemerintah telah melaksanakan fungsinya, dengan membuat regulasi untuk memperkuat pendidikan karakter melalui kegiatan Esktrakurikuler Pramuka. Dengan Permendikbud Nomor 63 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Pramuka Sebagai Kegiatan Ekstra kurikuler Wajib Pada Pendidikan Dasar Dan Menengah

Pendidikan Pramuka Sebagai salah satu wadah kegiatan kepanduan di sekolah merupakan tempat pendidikan bagi anak-anak yang dilaksanakan dengan penuh kegembiraan, menyenangkan, menantang, serta berinovasi dengan tujuan membentuk sikap dan mental peserta didik berakhlak mulia, sopan santun, rasa cinta kasih, patriot, SUCI dalam pikiran maupun perbuatan, Cinta Tanah air Pancasila dan UUD 1945 dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Untuk memperjelas  kaitan antara kegiatan Estrakuler Pramuka dengan Pendidikan Karakter, beberapa pengertian Para Ahli tentang Pendidikan Karakter, sebagai berikut;
1.  Pendidikan Karakter Menurut Lickona
Secara sederhana, Pendapat didefinisikan sebagai segala usaha yang dapat dilakukan untuk mempengaruhi karakter siswa. Tetapi untuk mengetahui pengertian yang tepat, dapat dikemukakan di sini definisi pendidikan karakter yang disampaikan oleh Thomas Lickona. Lickona menyatakan bahwa pengertian pendidikan karakter adalah suatu usaha yang disengaja untuk membantu seseorang sehingga ia dapat memahami, memperhatikan, dan melakukan nilai-nilai etika yang inti.
2.  Pendidikan Karakter Menurut Suyanto
Suyanto (2009) Pendidikan Karakter sebagai cara berpikir dan berperilaku yang menjadi ciri khas tiap individu untuk hidup dan bekerja sama, baik dalam lingkup keluarga, masyarakat, bangsa, maupun  negara.
Oleh karena itu organisasi Gerakan Pramuka di tingkat Gugus Depan yang ada di satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah harus berperan aktif dalam melaksanakan kegiatan Esktrakurikuler Pramuka. Program kerja yang dirancang harus  berorientasi pada pendidikan karakter serta bersifat inovasi sesuai dengan perkembangan zaman.

Kemudian Program seperti apa yang diharapkan berkaitan dengan pendidikan karakter. Adapun sejumlah program kerja yang berorientasi untuk penguatan karakter, khusus siswa/siswi di tingkat satuan Gerakan Pramuka/gugus depan baik di tingkat pendidikan dasar maupun Pendidikan Menengah yaitu:

1. Latihan PBB
Latihan peraturan baris berbaris memiliki manfaat yang sangat besar berkaitan dengan pendidikan karakter. Tujuan latihan PBB untuk meningkatkan dan melatih kedisiplinan, menumbuhkan semangat nasionalisme, Cinta Tanah air,  melatih kebugaran jasmani dan melatih mental siswa dalam menghadapi berbagai tantangan dalam Kehidupan sehari-hari.

2. Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (LKTD)
Tujuan latihan kepemimpinan tingkat dasar adalah memberikan bekal kepada siswa supaya paham tentang cara berorganisasi serta belajar Publik Speaking/berbicara depan umum dan belajar administrasi organisasi.

3. Berkemah
Kemah pramuka biasa dilaksanakan di satuan gugus depan, Kwartir cabang, Kwartir daerah dan Kwartir Nasional gerakan pramuka. Kegiatan biasa dilakukan merayakan HUT Pramuka, Ramuna, Perjusami, perkemahan wirakarya dan Kegiatan perkemahan lainya sesuai kebutuhan di organisasi pramuka. Manfaat yang diperoleh dalam kegiatan Perkemahan adalah melatih mental siswa, melatih hidup mandiri, belajar bersosialisasi, menumbuhkan kreatifitas siswa dibidang seni.

4. Kursus Kewirausahaan
Tujuan kursus kewirausahaan adalah memberikan bekal kepada siswa untuk berwirausaha sesuai perkembangan zaman, melatih berinovasi di bidang kewirausahaan dan tujuan lainya yang dapat menambah pengalaman siswa berwirausaha.

Empat contoh kegiatan tersebut diatas dapat dilaksanakan ditingkat gugus depan satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Oleh karena itu tujuan kegiatan pramuka harus berorientasi kepada pendidikan karakter supaya menghasilkan generasi penerus bangsa yang berwawasan, berkarakter dan berbudaya sesuai yang diharapkan Bangsa Indonesia.

Sumber: UU RI NO 20 TAHUN 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional;
             https://www.lyceum.id;
             Program Kerja Gugus Depan SMA.N 1 FATULEU Tahun 2018.

By Pembina Pramuka SMAMSAFAT Kupang


  Latihan Rutin Gudep SMANSAFAT Kupang

Related Posts