Skip to main content

Mengapa Tes CPNS Tahun 2018, Banyak Peserta yang Tidak Lolos SKD, Ini Penyebabnya!!

Selamat membaca!!
Selalu muncul pertanyaan dari Peserta Tes cpns tahun 2018, bahkan masyarakat umum seperti sanak saudara, orang tua peserta, istri, pengamat, politikus, tokoh masyarakat dan masyarakat lainya yang tidak puas dengan hasil tes SKD/tahap yang pertama.

Pertanyaanya!!, mengapa tes CPNS Tahun 2018 banyak peserta yang gugur atau tidak lolos ke tahap SKB?,

Sungguh mengejutkan dari hasil tes yang sudah berlansung disetiap Kementerian dan daerah yang membuka formasi tes cpns 2018, walaupun belum ada pengumuman secara resmi dari Panselnas, BKN atau pihak terkait.

Banyak media yang memberitakan prosentase  hasil tes cpns 2018 di Tahap SKD, tetapi intinya tentang hasil tes yang kurang memuaskan banyak pihak khususnya peserta yang melihat lansung hasil tesnya.

Kemudian muncul Pertanyaan!!, apa penyebab sehingga banyak peserta yang tidak lolos ke tahap SKB. Kriteria untuk lolos Passing Grade yaitu Nilai TWK: 75, TIU: 80, TKP: 143 total nilai 298, apabila diantara satunya tidak mencapai batas yang ditetapkan, maka peserta tersebut dengan sendirinya gagal ke tahap SKB.

Lupakan saja Passing Grade diatas!! Ini Faktor Penyebabnya dari hasil keluhan peserta di banyak media cetak dan media online, yang tidak lolos ke Tahap SKD, yaitu;

1. Faktor persiapan

Persiapan yang matang akan membuahkan hasil yang memuaskan. Ada peserta yang lolos dengan hasil yang cukup tinggi, mungkin karena faktor kesiapan secara mental, jasmani dan secara rohani sudah siap menghadapi ujian, apapun bentuk soalnya. Ada juga peserta yang gagal mungkin kurangnya literasi membuat peserta banyak yang tidak lolos SKD. contohnya mendownload soal latihan Tes cpns jauh sebelum hari pelaksanaan, hal tersebut sanggat penting dilakukan supaya melatih secara mandiri contoh soal tes cpns sehingga pada hari pelaksanaan tes pesrta sudah benar-benar siap.

2. Passing Grade terlalu tinggi

Passing Grade sangat tinggi membuat peserta gagal lolos.

3. Waktu yang tidak cukup (manajemen waktu)

 Waktunya hanya 90 menit plus 10 detik, soal 100 nomor, diperkirakan satu soal 54 detik untuk mengerjakan. Peserta harus bisa membagi waktu dalam mengerjakan soal dengan cepat. Kalau tidak bisa mengatur waktu maka kewalahan dalam mengerjakan soal.

4. Tingkat Kesukaran soal

Tingkat Kesukaran soal yang sangat tinggi juga sering di beritakan hasil keluhan peserta dalam mengikuti tes.

5. Pengalaman mengoperasi Komputer

 Pengalaman dalam mengoperasikan komputer mungkin dialami peserta.

Kesimpulannya, 5 faktor diatas kemungkin besar menjadi penyebab, banyaknya peserta yang tidak lolos tes SKD Tahun 2018  dan mungkin ada juga faktor lainya. Intinya  kalau peserta mau lolos tes cpns harus mempersiapkan secara matang secara jasmani dan rohani.


Comments

  1. Sukses terus wartaloha..semoga bermanfaat untuk semua orang yang membutuhkan informaai

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pelantikan Pengurus Osis dan Pengurus MPK SMA NEGERI 1 FATULEU Tahun 2018

Oelmasi-wartaloha. com. Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Fatuleu Telah melantik Pengurus Osis periode 2018-2019. Pelantikan berlansung pada hari Senin, 24 September 2018, dilapangan SMA Negeri 1 Fatuleu. 
Upacara pelantikan dibuka oleh kepala sekolah SMA N 1 Fatuleu, dalam sambutannya, Drs. Ambrosius Pan menyatakan,  "Osis merupakan organisasi yang ada di sekolah ini, sehingga saya berharap badan pengurus Osis yang baru bisa menjalankan tugas dengan baik secara kronologis dan sinkron dengan semua program yang ada di sekolah dan juga program Osis harus bisa membawa perubahan bagi perkembangan sekolah kita dan ditularkan dengan baik. Pada kesempatan ini juga saya menyampaikan ucapan terimakasih kepada  pengurus Osis yang lama yang telah melaksanakan tugas dengan baik, walaupun masih ada kekurangan dalam menjalankan tugas selama ini terutama berkaitan dengan eksistensi kita di tingkat propinsi", ujar Kepala Sekolah.
Pada kesempatan yang sama juga ketua Osis terpilih Emanuel Yudi…

Dinamika Pemilihan Ketua Osis SMA NEGERI 1 FATULEU Tahun 2018, Berlansung Alot, layaknya Pemilihan Umum

Oelmasi, wartaloha.com- SMA Negeri 1 Fatuleu telah memilih Ketua Osis yang baru, Jumat, 14 September tahun 2018, berlansung di Aula SMA NEGERI 1 FATULEU, mulai pukul 10.00 WIT hingga pukul 15.00 WIT.

Sejumlah pesertadidik serta Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, pembina Osis, Pembina Pramuka SMA NEGERI 1 FATULEU turut hadir dalam Rapat Umum Anggota  (RUA), untuk memilih Ketua Osis periode 2018/2019. Dalam Arahan Kepala Sekolah SMA NEGER1 1 FATULEU, Drs. Ambrosius Pan  mengatakan;

"Pesan saya, yang menjadi calon Ketua Osis harus prestasi secara akademik serta memiliki sikap dan prilaku yang baik dan saya juga mengucapkan terimakasih untuk Ketua Osis periode 2017/2018, yang telah melaksanakan tugas dengan baik".

OSIS merupakan organisasi tingkat sekolah yang tujuannya mengasah kemampuan dan bakat yang dimiliki siswa, sehingga menjadi siswa yang berkarakter dan mampu berorganisasi dengan baik. 
SMA Negeri 1 Fatuleu, melaksanakan pemil…

Apakah Anda Belum Mahir Menjadi Pembina PRAMUKA?, Mungkin Ini solusinnya!

Kurikulum 2013 mewajibkan Kegiatan pramuka diseluruh sekolah di tanah air. Pramuka menjadi kegiatan ekstra kurikuler wajib yang harus dilaksanakan disetiap sekolah mulai dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas/Madrasah bahkan sampai Perguruan tinggi, kebijakan tersebut tertuang dalam
Keputusan Presiden RI Nomor 238 Tahun 1961 berbunyi: bahwa Gerakan Pramuka sebagai kelanjutan dan Pembaharuan Gerakan Kecanduan Nasional serta bertanggungjawab atas kelestarian Negara Kesatuan Republik Indonesia yang di topang oleh empat Pilar wawasan Kebangsaan, yaitu
1. Ideologi Pancasila
2. Undang-Udang Dasar 19945
3. Bhineka Tunggal Ika
4. Negara Kesatuan Republik Indonesia
Dengan asas Pancasila, Gerakan Pramuka Menyelenggarakan Pendidikan kaum Muda Sebagai kaderisasi Kepemimpinan Masa depan bangsa dan negara.
Untuk memperjelas arah dan eksistensi Gerakan Pramuka di indonesia, maka dibentuk Undang-undang Gerakan Pramuka Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka adalah organisasi yang menyel…