Skip to main content

Mengapa Tes CPNS Tahun 2018, Banyak Peserta yang Tidak Lolos SKD, Ini Penyebabnya!!

Selamat membaca!!

Selalu muncul pertanyaan dari Peserta Tes cpns tahun 2018, bahkan masyarakat umum seperti sanak saudara, orang tua peserta, istri, pengamat, politikus, tokoh masyarakat dan masyarakat lainya yang tidak puas dengan hasil tes SKD/tahap yang pertama.

Pertanyaan!!, mengapa tes CPNS Tahun 2018 banyak peserta yang gugur atau tidak lolos ke tahap SKB?,

Sungguh mengejutkan dari hasil tes yang sudah berlangsung disetiap Kementerian dan daerah yang membuka formasi tes cpns 2018, walaupun belum ada pengumuman secara resmi dari Panselnas, BKN atau pihak terkait.

Banyak media yang memberitakan prosentase  hasil tes cpns 2018 di Tahap SKD, tetapi intinya tentang hasil tes yang kurang memuaskan banyak pihak khususnya peserta yang melihat langsung hasil tesnya.

Kemudian muncul Pertanyaan!!, apa penyebab sehingga banyak peserta yang tidak lolos ke tahap SKB. Kriteria untuk lolos Passing Grade yaitu Nilai TWK: 75, TIU: 80, TKP: 143 total nilai 298, apabila diantara satunya tidak mencapai batas yang ditetapkan, maka peserta tersebut dengan sendirinya gagal ke tahap SKB.

Lupakan saja Passing Grade diatas!! Ini Faktor Penyebabnya dari hasil keluhan peserta di banyak media cetak dan media online, yang tidak lolos ke Tahap SKD, yaitu;

1. Faktor persiapan

Persiapan yang matang akan membuahkan hasil yang memuaskan. Ada peserta yang lolos dengan hasil yang cukup tinggi, mungkin karena faktor kesiapan secara mental, jasmani dan secara rohani sudah siap menghadapi ujian, apapun bentuk soalnya. Ada juga peserta yang gagal mungkin kurangnya literasi membuat peserta banyak yang tidak lolos SKD. contohnya mendownload soal latihan Tes cpns jauh sebelum hari pelaksanaan, hal tersebut sangat penting dilakukan supaya melatih secara mandiri contoh soal tes cpns sehingga pada hari pelaksanaan tes peserta sudah benar-benar siap.

2. Passing Grade terlalu tinggi

Passing Grade sangat tinggi membuat peserta gagal lolos.

3. Waktu yang tidak cukup (manajemen waktu)

 Waktunya hanya 90 menit plus 10 detik, soal 100 nomor, diperkirakan satu soal 54 detik untuk mengerjakan. Peserta harus bisa membagi waktu dalam mengerjakan soal dengan cepat. Kalau tidak bisa mengatur waktu maka kewalahan dalam mengerjakan soal.

4. Tingkat Kesukaran soal

Tingkat Kesukaran soal yang sangat tinggi juga sering di beritakan hasil keluhan peserta dalam mengikuti tes.

5. Pengalaman mengoperasi Komputer

 Pengalaman dalam mengoperasikan komputer mungkin dialami peserta.

Kesimpulannya, 5 faktor diatas kemungkinan besar menjadi penyebab, banyaknya peserta yang tidak lolos tes SKD Tahun 2018  dan mungkin ada juga faktor lainya. Intinya  kalau peserta mau lolos tes cpns harus mempersiapkan secara matang secara jasmani dan rohani.


Comments

Popular posts from this blog

Contoh:Tanya Jawab dan Ulang Janji, Pelantikan Anggota Baru dan Penegak Bantara Gerakan Pramuka

Tanya Jawab dan Ulang Janji Pelantikan calon Pramuka Penegak Gugus Depan 0407-0408 SMA N 1 Fatuleu Tahun 2018
Dengan Rahmat Allah Yang Maha Kuasa pada Hari ini, Minggu 28 Oktober Tahun 2018, Atas Nama Gerakan Pramuka Gugus Depan 0407-0408 SMA N 1 FATULEU:
Pembina:
siap dan bersediakah adik-adik untuk dilantik menjadi calon Pramuka Penegak, serta bersediakah mengabdi tampa pamrih demi kemajuan gerakan pramuka Ambalan SMA NEGERI 1 Fatuleu?
Calon Penegak:
siap...bersedia

Baca Juga:
Ingin Membuat Website//blog punya Sendiri, Beli Domain Gratis dan Termurah di Domosquare.com
Pembina:
Sebelum pengucapan Janji dimohon kesediaan adik-adik menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
Pembina: Bersediakah adik-adik mengabdi dan berbakti kepada bangsa dan Negara indonesia
Calon penegak: siap Bersedia..!
Pembina: Siapakah adik -adik sekalian ikut serta dalam membangun masayarakat serta bertanggungjawab, berdisiplin ilmu dan berwatak Pancasila?
Calon Penegak: siap..bersedia
Pembina: Bersediakah adi…

10 Ciri-ciri Anak Sehat & Tanda-tanda Gangguan Kesehatan

Pernahkah anda tau, bahwa anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan sesuai dengan usianya, dan sebaliknya anak mengalami ganguan kesehatan baik secara jasmani maupun mental. Anda sebagai orang tua harus mengetahui secara pasti berkaitan perkembangan dan pertumbuhan anak anda.
Oleh karena itu di bawah ini akan dijelaskan secara ringkas berkaitan dengan ciri-ciri anak sehat dengan tanda -tanda gangguan kesehatan pada anak
A.ciri-ciri anak sehat yaitu: 
1.Berat badan dan tinggi badan secara teratur 2.Tangkas gesit dan gembira 
3.Mata bersih dan bersinar
4.Nafsu makan baik serta bibir, lidah dan pernafasan tidak berbau 
5.Waktu istirahat secara teratur
 6.Kulit dan rambut bersih serta tidak kering 
7.Emosional

Baca Juga: Sebanyak 8946 Calon Peserta PPG Tahap 3 Sudah Konfirmasi

Baca Juga:Memilih Hukuman Fisik atau Tanpa Kekerasan Dalam Pendewasaan Anak Didik

Baca Juga:Pengumuman Hasil Seleksi PPPK Taha 1 Prov. NTT 2019
B.Tanda-tanda gangguan kesehatan pada anak yaitu: 
1.lekas lelah dalam …

Contoh Soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP), CPNS Tahun 2019

Semoga Anda Sukses Lolos CPNS 2019
CONTOH SOAL TKP HOTS 1

1. Pagi ini seperti biasanya anda selalu sibuk dengan rutinitas di pekerjaan sebagai seorang customer service pada sebuah rumah sakit pemerintah. Ketika anda sedang asik bekerja datanglah seorang ibu-ibu tua yang ingin menanyakan prosedur penggunaan BPJS kesehatan untuk proses rawat inap anaknya yang sedang sakit dan membutuhkan perawatan secepatnya agar sakitnya tidak bertambah parah, Setelah anda menjelaskan panjang lebar dengan bahasa yang mudah dimengerti beberapa kali kepada sang ibu namun ternyata ibu tersebut tampak sangat kebingungan dan mengatakan bahwa dia tidak mengerti sama sekali dengan prosedur yang anda jelaskan, bagaimana sikap anda...

A. Menjelaskan secara pelan pelan dengan bahasa yang mudah dipahami oleh ibunya agar dia tahu maksud dari apa yang anda jelaskan

B. Menjelaskan dengan sabar sembari mengajak sang ibu untuk tenang terlebih dahulu agar lebih fokus ketika anda menjelaskan, jika masih kebingungan anda …