Friday, 16 November 2018

Mengapa Tes CPNS Tahun 2018, Banyak Peserta yang Tidak Lolos SKD, Ini Penyebabnya!!

Selamat membaca!!
Selalu muncul pertanyaan dari Peserta Tes cpns tahun 2018, bahkan masyarakat umum seperti sanak saudara, orang tua peserta, istri, pengamat, politikus, tokoh masyarakat dan masyarakat lainya yang tidak puas dengan hasil tes SKD/tahap yang pertama.

Pertanyaanya!!, mengapa tes CPNS Tahun 2018 banyak peserta yang gugur atau tidak lolos ke tahap SKB?,

Sungguh mengejutkan dari hasil tes yang sudah berlansung disetiap Kementerian dan daerah yang membuka formasi tes cpns 2018, walaupun belum ada pengumuman secara resmi dari Panselnas, BKN atau pihak terkait.

Banyak media yang memberitakan prosentase  hasil tes cpns 2018 di Tahap SKD, tetapi intinya tentang hasil tes yang kurang memuaskan banyak pihak khususnya peserta yang melihat lansung hasil tesnya.

Kemudian muncul Pertanyaan!!, apa penyebab sehingga banyak peserta yang tidak lolos ke tahap SKB. Kriteria untuk lolos Passing Grade yaitu Nilai TWK: 75, TIU: 80, TKP: 143 total nilai 298, apabila diantara satunya tidak mencapai batas yang ditetapkan, maka peserta tersebut dengan sendirinya gagal ke tahap SKB.

Lupakan saja Passing Grade diatas!! Ini Faktor Penyebabnya dari hasil keluhan peserta di banyak media cetak dan media online, yang tidak lolos ke Tahap SKD, yaitu;

1. Faktor persiapan

Persiapan yang matang akan membuahkan hasil yang memuaskan. Ada peserta yang lolos dengan hasil yang cukup tinggi, mungkin karena faktor kesiapan secara mental, jasmani dan secara rohani sudah siap menghadapi ujian, apapun bentuk soalnya. Ada juga peserta yang gagal mungkin kurangnya literasi membuat peserta banyak yang tidak lolos SKD. contohnya mendownload soal latihan Tes cpns jauh sebelum hari pelaksanaan, hal tersebut sanggat penting dilakukan supaya melatih secara mandiri contoh soal tes cpns sehingga pada hari pelaksanaan tes pesrta sudah benar-benar siap.

2. Passing Grade terlalu tinggi

Passing Grade sangat tinggi membuat peserta gagal lolos.

3. Waktu yang tidak cukup (manajemen waktu)

 Waktunya hanya 90 menit plus 10 detik, soal 100 nomor, diperkirakan satu soal 54 detik untuk mengerjakan. Peserta harus bisa membagi waktu dalam mengerjakan soal dengan cepat. Kalau tidak bisa mengatur waktu maka kewalahan dalam mengerjakan soal.

4. Tingkat Kesukaran soal

Tingkat Kesukaran soal yang sangat tinggi juga sering di beritakan hasil keluhan peserta dalam mengikuti tes.

5. Pengalaman mengoperasi Komputer

 Pengalaman dalam mengoperasikan komputer mungkin dialami peserta.

Kesimpulannya, 5 faktor diatas kemungkin besar menjadi penyebab, banyaknya peserta yang tidak lolos tes SKD Tahun 2018  dan mungkin ada juga faktor lainya. Intinya  kalau peserta mau lolos tes cpns harus mempersiapkan secara matang secara jasmani dan rohani.


1 komentar

Sukses terus wartaloha..semoga bermanfaat untuk semua orang yang membutuhkan informaai


EmoticonEmoticon