Media Berwawasan dan Berbudaya


Thursday, 29 November 2018

Benarkah!, Kata-Kata dari Ayah, Bersifat Rahasia?

| Thursday, 29 November 2018
Selamat datang di wartaloha, Inspirasi Anda!!

Setiap orang yang hidup di dunia ini, sudah pasti memiliki ayah dan ibu!!, artinya tidak ada manusia yang tidak punya ayah dan ibu.  Akan tetapi ayah dan ibu seperti apa yang anda harapkan, yang pasti kita semua mengharapkan orang tua yang bisa memberi pengharapan kepada anaknya dan bisa membesarkan kita sampai sukses dalam karier, sukses dalam pendidikan dan  juga orang tua yang sayang anaknya, itu pastilah hehehe...

Dalam tulisan yang sederhana ini, penulis ingin membahas tokoh orang  tua kita yang biasa disebut Ayah, bukan berarti sosok ibu penulis tidak membahasnya. Hati-hati loh karena ada pepatah mengatakan "Surga ada di telapak Kaki ibu", jangan kawatir penulis juga sangat mencintai ibuku. 
Pertanyaannya kenapa saya membahas sosok ayah dalam tulisan ini?, jawabannya adalah penulis masih penasaran dengan kata-kata ayah, sejak saya masih anak-anak hingga sekarang dewasa, ada banyak kata-kata ayah yang sifatnya rahasia. Rahasia maksudnya kita tidak memahami secara lansung apa maksud kata-kata tersebut.

Berikut ini saya memaparkan kata-kata dari ayah yang dulu saya tidak pernah mengetahui apa maksud dan artinya yaitu:

1. Kalau saya lulusan sekolah dasar,  kamu nanti harus lulusan SMP atau SMA dan ayah lebih bersyukur       lagi kalau kamu lulusan sarjana! kata ayah saya

Kata-kata tersebut diatas merupakan motivasi supaya saya harus rajin belajar, tetapi waktu itu mungkin belum memahaminya karena masih kecil, sekarang anda merasakannya, dimana beberapa tahun yang lalu saya sudah menyelesaikan pendidikan sarjana. Serta mendapat pekerjaan sebagai seorang guru, sedangkan ayah saya seorang petani tetapi dia menyekolahkan kami 3mengeyam pendidikan sarjana dan satu orang magister. Kini saya merasakan nikmatnya mendapat pekerjaan sebagai seorang guru.

2. Kalau perutMu lapar, pergilah bekerja! kata ayah saya

Kata-kata ini juga merupakan bentuk motivasi, disaat kita sudah mendapatkan pekerjaan, harus rajin bekerja supaya perut tidak lapar. Rajin menabung supaya hidup jangan susah-susah terus.

3. Pergilah ke sekolah, ayah tidak antar Kamu.

Ayah mengajarkan supaya anaknya bisa mandiri, tidak boleh bergantung pada orang tua serta kuat menghadapi tantangan hidup

4. Anak laki-laki itu tidak boleh menangis

Ayah mengharapkan anaknya bisa kuat, tidak boleh cengeng

5. Jangan berkelahi di sekolah ya!

Ayah mengajarkan supaya anaknya menghargai sesama manusia.

6. Tidak boleh Nakal ya nak!

Ayah mengharapkan anaknya selalu disiplin tidak boleh melangar aturan.

7. Jangan telpon bapa terus ya!

Ayah mengharapkan harus hemat dalam mengunakan uang sesuai dengan pendapatan.

8. Jangan minta uang terus!

Ayah mengajarkan kepada kita bahwa harus menghargai uang, karena untuk mendapatkan uang butuh pengorbanan. Jangan boros dan bisa hidup sesuai dengan kemampuan anda.

Kesimpulannya, tulisan ini bukan curhat tetapi memang kenyataan, mungkin anda juga pernah mendengar lansung dari orang tua. Tetapi jika kata-kata tersebut disampaikan waktu anda masih kecil masih anak-anak, mungkin anda tidak akan paham maksudnya. Mungkin anda memahami disaat sudah berhasil dan sukses dalam pekerjaan.
Akhirnya semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda dan perlu di ingat bahwa orang tua adalah Tuhan Yang Kelihatan, hormatilah  mereka jika ingin masuk surga.Itulah kata-kata ayah yamg bersifat rahasia.
Ayah dan Penulis




       

Related Posts

No comments:

Post a Comment