Media Berwawasan dan Berbudaya


Saturday, 6 October 2018

11 Cara menjaga Hubungan Suami dan Istri agar Tetap Harmonis

| Saturday, 6 October 2018
Seperti yang anda inginkan, merawat keluarga yang harmonis untuk selamanya tentu di dambakan oleh setiap orang yang sudah berumah
tangga. Akan tetapi untuk menjaga keluarga atau rumah tangga agar tetap utuh memang bukan pekerjaan yang mudah di ucapkan dengan kata-kata atau anda hanya mengunakan publik speaking dengan baik.

Agar rumah tangga anda bisa langgeng selamanya, ada banyak cara yang harus dilakukan. Rumah tangga yang dimaksudkan dalam tulisan ini yaitu hubungan suami dan istri, serta hubungan suami istri dengan anak- anak.

Bagaimana cara menjaga keutuhan rumah tangga yang anda inginkan?
Cara-cara yang perlu praktekkan adalah sebagai berikut:

1. Kejujuran

Bersikap jujur sangat penting dilakukan antara suami dan istri. Apapun yang dilakukan harus jujur dengan pasangan anda. Jujur merupakan salah faktor penting dalam membina hubungan suami istri supaya langgeng selamanya. 

Memang mudah diucapkan tetapi sulit dipraktekkan. Kejujuran tidak akan muncul secara tiba-tiba, tetapi melalui proses belajar dari awal berumah tangga. 

Contohnya, Berapapun pendapatan anda baik suami atau istri, kedua-duanya saling terbuka dalam hal keuangan.

2. Komunikasi 

Komunikasi yang efektif akan menambah keutuhan rumah tangga anda. Semua yang anda lakukan harus saling komunikasi dengan baik kepada pasangan amda. Apa yang diucapkan dilaksanakan lewat tindakan nyata yang tidak merugikan salah satunya.

3. Hindari Perselingkuhan 

Seperti yang anda ketahui perseingkuhan merupakan salah satu penyebab keretakan sebuah hubungan dalam rumah tangga. Banyak rumah tangga yang berantakan karena suami atau istrinya selingkuh. 

Banyak Faktor yang menyebabkan perselingkuhan yaitu:
- Faktor Ekonomi

- Faktor Eksternal seperti gangguan dari Pihak 
ketiga

- Faktor Pendidikan
Rendahnya pendidikan seseorang akan menjadi salah penyebab perselingkuhan 

- Hubungan seksual yang tidak harmonis 

Dan masih banyak faktor lainya, oleh karena dalam hal keuangan dan kondisi hubungan seksual harus didiskusikan kepada pasangan anda. Jalin komunikasi yang baik dan jangan melakukan tindakan yang tidak diketahui oleh pasangan anda. 

4. Sayangi keluarga anda termasuk didalamnya yaitu anak-anak.

Ciptakan keluarga anda secara demokrasi dan terbuka dalam berkomunikaai dengan anak anda. contohnya dalam mengambil keputusan yang berhubungan dengan anak harus didiskusikan secara bersama-sama di dalam keluarga anda. Sehingga keputusan itu diterima oleh semua isi rumah anda.

5. Rajin Beribadah 

Rajin Beribadah merupakan faktor penting dalam menjaga rumah tangga. Percayalah kepada Tuhan yang anda yakini yang bisa membawa ketenangan secara batiniah. contohnya pergi beribadah secara bersama-sama Pasangan anda dan anak. Buat jadwal ibadah secara bersama-sama dirumah tinggal anda.

6. Berolahraga 

Rajin berolahraga agar tubuh jasmani anda tetap terjaga kebugarannya. contohnya ada waktu senggang ajaklah pasangan anda dan anak berolahraga bersama-sama, kegiatan ini menambah keharmonisan dalam hubungan anda dengan pasangan hidup.

7. Berwisata

Atur jadwal berwisata sedemikian baik, secara bersama-sama berkunjung ke tempat pariwisata yang telah disepakati dengan pasangan anda. Ini juga bagian dari kegiatan rekreasi untuk menghilangkan beban hidup dari setiap aktifitas rutin kita di kantor.

8. Jaga Penampilan anda 

Sesekali merubah penampilan anda agar kelihatan tetap segar dan oke. Ini juga membuat pasangantertarik pada penampilan anda. 

9. Jaga kebersihan rumah atau lingkungan tempat tinggal anda

10. Perhatikan orang tua yang melahirkan anda di dunia

Orang Tua yang dimaksudkan disini baik orang tua pasangan anda bahkan sebaliknya. Sayangilah mereka agar rumah tangga selalu didoakan oleh orang tua anda.

11. Jangan lupa Adat istiadat/Budaya

Salah satu contohya memberi makan bagi arwah nenek moyang yang telah meninggal dunia. Supaya arwah merekam juga mendoakan rumah tangga anda. Tetapi ini berlaku hanya sebagian orang yang masih kental terhadap kebiasan atau budaya tersebut

Masih banyak cara lain yang belum sempat dibahas dalam tulisan ini. Intinya usaha-usaha yang anda lakukan dalam menjaga rumah tangga anda memang sangat penting. Karena siapa yang ingin rumah tangganya berantakan hingga perceraian. Tentu anda tidak ingin kan...Semoga tips diatas bisa bermanfaat  dan berguna untuk keharmoisan rumah tangga anda. 




Related Posts

No comments:

Post a Comment