Media Berwawasan dan Berbudaya

Thursday, 11 October 2018

Apakah Anda Belum Mahir Menjadi Pembina PRAMUKA?, Mungkin Ini solusinnya!

| Thursday, 11 October 2018
Kurikulum 2013 mewajibkan Kegiatan pramuka diseluruh sekolah di tanah air. Pramuka menjadi kegiatan ekstrakurikuler wajib yang harus dilaksanakan disetiap sekolah mulai dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas/Madrasah bahkan sampai Perguruan tinggi, kebijakan tersebut tertuang dalam

Keputusan Presiden RI Nomor 238 Tahun 1961 berbunyi: bahwa Gerakan Pramuka sebagai kelanjutan dan Pembaharuan Gerakan Kecanduan Nasional serta bertanggung jawab atas kelestarian Negara Kesatuan Republik Indonesia yang di topang oleh empat Pilar wawasan Kebangsaan, yaitu

1. Ideologi Pancasila

2. Undang-Undang Dasar 19945

3. Bhineka Tunggal Ika

4. Negara Kesatuan Republik Indonesia

Dengan asas Pancasila, Gerakan Pramuka Menyelenggarakan Pendidikan kaum Muda Sebagai kaderisasi Kepemimpinan Masa depan bangsa dan negara.

Untuk memperjelas arah dan eksistensi Gerakan Pramuka di indonesia, maka dibentuk Undang-undang Gerakan Pramuka Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka adalah organisasi yang menyelenggarakan pendidikan Non formal, melalui pendidikan Nasional yang dilandasi sistem among, Prinsip dasar dan metode Kepramukaan.

Implementasi kurikulum 2013 sangat penting dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan peserta didik yang berkualitas dan berkarakter serta mampu bersaing di era yang serba canggih atau orang sering menyebutnya era zaman Now!

Permen Nomor 63 Tahun 2014 Tentang  Pramuka Menjadi Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib di sekolah dasar dan Sekolah Menengah Atas

Kalau demikian untuk menjawab tantangan dan kebijakan tersebut diatas, salah satu dari sekian cara hanya melalui bidang PRAMUKA, Praja Muda Karana artinya orang muda menjadi teladan dan terdepan membangun bangsa dan negara tercinta.
Setiap sekolah sangat membutuhkan pembina yang mahir dalam bidang PRAMUKA, muncul pertanyaan, apakah anda sudah siap menjadi pembina pramuka?

Pertanyaan tersebut tidak bisa dijawab dengan kata-kata atau hanya sepenggal  kalimat saja, tetapi untuk menjadi pembina yang mahir harus melalui suatu proses yang panjang dan bertahun-tahun untuk menekuni bidang pramuka.

Pembina pramuka yang mahir mempunyai kelebihan dan keterampilan di bidang teknik kepramukaan dan keterampilan lainnya.

Langkah-langkah untuk menjadi pembina pramuka yang mahir yaitu:

1. Kursus orientasi pembina

Kursus orientasi pembina merupakan tahap awal seorang pembina untuk melanjutkan pendidikan atau kursus pembina mahir dasar. Pada tahap ini biasanya yang melaksanakan latihan Seperti Dinas pendidikan terkait, kwartir cabang bahkan dilaksanakan oleh kwartir daerah tingkat Propinsi. Mater- materi yang dilatih pada tahap ini hanya materi umum tentang pramuka.

Contohnya; Sejarah kepramukaan, Struktur organisasi pramuka, Latihan dasar PBB, cara membentuk sebuah Gugus depan di sekolah, Tali temali, pionering, serta materi lainnya yang berhubungan dengan pramuka. Setelah anda diberi materi pelatihan langsung mendapatkan sertifikat orientasi Pembina

2. Kursus pembina mahir dasar (KMD)

Pada tahap ini, calon pembina mempelajari secara mendalam materi pramuka baik melalui teroris di kelas dan juga langsung praktek. Kursus dilaksanakan selama dua minggu. Biasanya pada tahap kursus pembina mahir dasar dilaksanakan oleh Kwartir cabang daerah tingkat kabupaten atau dilaksanakan oleh Kwarda di tingkat propinsi. Kegiatan ini berlangsung satu kali dalam setahun, tentu sesuai dengan program kerja dan kebijakan gerakan daerah masing-masing. Kesempatan yang baik ini jangan dilewatkan oleh pembina yang punya niat menjadi Mahir dasar. Materi yang dilatih pada tahap ini lebih terperinci serta materi praktek lebih dominasi atau lebih banyak.

3. Kursus pembina mahir lanjutan

Kursus pembina mahir lanjutan dilaksanakan setelah mendapatkan sertifikat atau telah memenuhi unsur pembina mahir dasar. Materi kursus pada tahap ini akan semakin terperinci dan lebih luas belajar tentang keterampilan pembina, kecakapan dan bisa download panduan dan materi khususnya.

Dari tiga tahap proses tersebut diatas, penulis yakin anda sudah bisa menjadi pembina mahir dasar serta siap melaksanakan tugas dengan baik.

Akan tetapi anda belum juga mahir dalam bidang pramuka, jangan kwartir masih ada solusi yang lainnya agar anda benar siap menjadi pembina mahir dasar.

Solusinya saya tawarkan kepada pembaca yang setia di Wartaloha.com, kaka rajin membaca literatur tentang pramuka. Intinya banyaklah belajar dari hal-hal yang paling kecil.

Salam Pramuka. (Satya ku Kudarmakan, DarmaKu Kubaktikan)

Ilustrasi Gambar Kegiatan Pramuka

Related Posts