Saturday, 15 September 2018

Dinamika Pemilihan Ketua Osis SMA NEGERI 1 FATULEU Tahun 2018, Berlansung Alot, layaknya Pemilihan Umum

Oelmasi, wartaloha.com- SMA Negeri 1 Fatuleu telah memilih Ketua Osis yang baru, Jumat, 14 September tahun 2018, berlansung di Aula SMA NEGERI 1 FATULEU, mulai pukul 10.00 WIT hingga pukul 15.00 WIT.

Sejumlah pesertadidik serta Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, pembina Osis, Pembina Pramuka SMA NEGERI 1 FATULEU turut hadir dalam Rapat Umum Anggota  (RUA), untuk memilih Ketua Osis periode 2018/2019. Dalam Arahan Kepala Sekolah SMA NEGER1 1 FATULEU, Drs. Ambrosius Pan  mengatakan;

"Pesan saya, yang menjadi calon Ketua Osis harus prestasi secara akademik serta memiliki sikap dan prilaku yang baik dan saya juga mengucapkan terimakasih untuk Ketua Osis periode 2017/2018, yang telah melaksanakan tugas dengan baik".

OSIS merupakan organisasi tingkat sekolah yang tujuannya mengasah kemampuan dan bakat yang dimiliki siswa, sehingga menjadi siswa yang berkarakter dan mampu berorganisasi dengan baik. 

SMA Negeri 1 Fatuleu, melaksanakan pemilihan Ketua OSIS satu kali setiap tahun. Dalam wawancara singkat kepada media ini, wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Aurelius Usa Naing, S.Si, mengatakan;

Tujuan kegiatan Rapat Umum Anggota OSIS hari ini, yaitu disamping mereka memilih Ketua Osis yang baru, juga didalam kegiatan ini terdapat pembelajaran yang berarti buat mereka, karena banyak yang pelajari dalam proses pengambilan keputusan, bagaimana tata cara rapat, menyampaikan pendapat,  Dinamika dalam rapat, bermusyawarah, konsep saya sejak awal memang seperti ini dan terbukti dari tahun ke tahun, siswa kita disegani dimanapun mereka berada" tegas Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMA Negeri 1 Fatuleu.

Sebelum agenda pemilihan ketua Osis, diawali pemilihan ketua MPK, proses ini berlansung alot pada pembahasan kriteria bakal calon, salah kriteria yang diperdebatkan mengenai ketua MPK harus kelas X11, Andre Samone salah satu peserta rapat mempertahankan kriteria ini, sedangkan Yani Sabuna mempertahan kriteria Ketua MPK harus Kelas X1 dengan alasan, kalau kelas X11 mereka mempersiapkan diri menghadapi ujian, tegasnya.

Ruangan rapat semakin panas dan diwarnai interupsi, pimpinan sidang saat itu Wati Pandi Ketua Osis periode 2017/2018 lansung mengambil alih situasi dan menayakan kepada forum apakah setuju pendapat dari saudara andre, dan akhirnya forumpun setuju dengan keputusan, ketua MPK harus kelas X11, Selanjutnya Efrem Mosa terpilih menjadi Ketua MPK Periode 2018.

Ketua MPK Lansung memimpin rapat dengan agenda pemilihan ketua Osis dan tahapanya yaitu pengajuan kriteria bakal calon, pengajuan bakal calon, pengesahan bakal calon ketua Osis, pemilihan calon ketua dilakukan dengan voting tertutup, yang terpilih menjadi Ketua osis berdasarkan dengan suara terbanyak. Dari enam orang bakal calon, tidak satupun mengundurkan diri saat ditanyai kesediaanya, enam nama bakal calon ketua osis yaitu Emanuel Duka, Maschan Lopes, Andreas Samone, Sila solo, Ester baik serta serta Gracia risakota.

Kemudian lanjut dengan agenda pemilihan ketua Osis dan pemaparan  Visi dan Misi, salah satu Visi bakal calon atas nama Emanuel Duka memaparkan Visi,  Mempersatukan warga sekolah yang ada di SMA Negeri 1 Fatuleu dengan penjelasan kalau kita bekerjasama pasti kita bisa memajukan sekolah kita ini, tegas Emanuel.

Pada akhirnya, Emanuel Duka Terpilih menjadi Ketua Osis SMA NGERI 1 FATULEU periode 2018/2019,  serta ketua Osis yang terpilih lansung membentuk badan pengurus Osis yang baru, hingga menunggu pelatikan yang rencananya berlansung dilapangan upacara SMA Negeri 1 Fatuleu, pada hari senin, tanggal 17/09/2018.


KETUA OSIS DAN KET MPK

GRACE MENGAJUKAN PERTANYAAN


Wakasek, Pembina Osis dan Pembina pramuka

Pimpinan sidang osis

Rekapitulasi Hasil Pemilihan osis

Lagi Snak

PESERTA Rapat

1 komentar

Mantap artikelnya cukup membantu pemahaman berkaitan dengan dunia pendidikan


EmoticonEmoticon