Media Berwawasan dan Berbudaya


Friday, 10 August 2018

KONSEP MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH

| Friday, 10 August 2018
1.latar belakang

Salah satu permasalahan pendidikan yang dihadapi bangsa indonesia adalah rendahnya MUTU pendidikan pada setiap jenjang dan satuan pendidikan, khususnya pendidikan dasar  dan menengah. Berbagai usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional, antara lain melalui berbagai pelatihan dan peningkatan kompetensi guru, pengadaan buku dan alat pelajaran, perbaikan sarana dan prasarana pendidikan, perubahan kurikulum dan peningkatan mutu manajemen sekolah. Namun demikian, berbagai indikator mutu pendidikan belum menunjukan peningkatan yang berarti. Sebagian sekolah telah menunjukan peningkatan yang berarti tetapi sebagian besar lain


Berdasarkan masalah diatas, maka berbagai pihak mempertanyakan apa yang salah dalam pendidikan kita? Dari berbagai pengamatan dan analisis, sedikitnya ada tiga faktor yang menyebabkan mutu pendidikan tidak mengalami peningkatan secara merata.

Faktor pertama, kebijakan dan penyelenggaraan pendidikan nasional menggunakan pendekatan education production function atau input-output analisis yang tidak dilaksanakan secara konsekuen. Pendekatan ini melihat bahwa lembaga pendidikan berfungsi sebagai pusat produksi yang apabila dipenuhi semua input yang diperlukan dalam kegiatan produksi tersebut, maka lembaga ini akan menghasilkan output yang dikehendaki.

Faktor kedua, penyelenggaraan pendidikan nasional secara birokratis- sentralistik, sehingga menempatkan sekolah sebagai penyelenggara pendidikan sanggar tergantung pada keputusan birokrasi yang tidak sesuai dengan kondisi sekolah setempat.

Faktor ketiga, peran serta masyarakat, khusus orang tua siswa sanggar minim. Partisipasi selama ini masih bersifat dukungan semata, bukan pada proses pengambilan keputusan.

2. Pengertian manajemen peningkatan BERBASIS sekolah
MPMBS dapat diartikan sebagai model manajemen yang memberikan otonomi lebih besar kepada sekolah dan mendorong pengambilan keputusan secara langsung semua warga sekolah (guru, siswa, kepala sekolah, karyawan, orang tua siswa dan masyarakat.

3. Tujuan MPMBS

a. Meningkatkan mutu pendidikan melalui kemandirian dan inisiatif sekolah dalam                      mengelola dan memberdayakan sumber daya yang ada;
Kegiatan.

b. Meningkatkan kepedulian warga sekolah dan masyarakat dalam mengambil                          keputusan bersama.

C. Meningkatkan tanggungjawab sekolah kepada orang tua, masyarakat dan pemerintah;

d. Meningkatkan kompetensi sekolah yang sehat dilingkungan sekitarnya

Sumber. 2001.Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal pendidikan dasar      dan    menengah




  
 Penulis guru honorer SMA N 1 FATULEU

Related Posts

No comments:

Post a Comment