Skip to main content

Manfaat Olahraga Untuk Kebutuhan Hidup Manusia


Manfaat Aktivitas Olahraga Untuk Kebutuhan Hidup Manusia

                                    Penulis: Flafianus Jeadun

Slogan pada umumnya mengatakan" Olahraga untuk semua masyarakat", pertanyaan yang muncul, apakah benar slogan tersebut diatas?, apakah selama ini masyarakat menempatkan olahraga sebagai bagian kebutuhan hidup manusia?.

Nampaknya untuk menjawab pertanyaan diatas, masyarakat harus memahami dan menempatkan olahraga sebagai bagian dari kebutuhan dasar yang harus terpenuhi. Untuk meyakinkan bahwa pentingnya berolahraga, tentunya melalui suatu proses yang panjang dan masyarakat harus menjadi pelaku dari kegiatan olahraga sesuai dengan kondisi fisik serta kegemaran dari masyarakat.

Jenis - jenis olahraga yang perlu dicoba dan mendapatkan kegunaannya yaitu:

1. Olahraga rekreasi

Olahraga rekreasi dapat dilakukan oleh semua masyarakat yang tujuannya untuk menambah kesegaran dan kebugaran jasmani. olahraga rekreasi tidak terstruktur dimanapun orang bisa menggunakan. Contohnya bisa dilakukan ditempat rekreasi, gedung olahraga dan tempat lainya yang tidak mengganggu ketertiban umum;

2. Olahraga wisata

Olahraga wisata bisa dilakukan ditempat wisata. Misalnya ketika masyarakat berkunjung ke tempat wisata bisa membuat bentuk kegiatan olahraga dan tidak membutuhkan banyak biaya yang dikeluarkan;

3. Olahraga prestasi

olahraga prestasi hanya dilakukan oleh masyarakat  yang menekuni salah satu cabang.  olahraga dengan tujuan mendapatkan prestasi dan menghasilkan uang. Contohnya atlet- atlet yang profesional.

Pada prinsipnya seluruh kegiatan olahraga harus berorientasi untuk kebugaran jasmani dan juga keseimbangan dari sisi rohani. Motto olahraga yang sering kita dengar dan mungkin masyarakat sudah memahami secara mendalam yaitu "Men sano in copera sano" artinya didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat", kebutuhan jasmani dan rohani merupakan suatu kesatuan yang utuh serta tidak dapat dipisahkan dari kebutuhan hidup manusia.

Berbagai fenomena untuk menjawab tantangan dalam melakukan aktifitas Olahraga, oleh karena itu kita sebagai masyarakat pencinta olahraga harus memahami apa makna atau arti olahraga.

olahraga dapat diartikan semua kegiatan manusia yang melibatkan seluruh komponen fisik yang mengakibatkan lelah, letih, lesu senang dan gembira secara teknologi olahraga berasal kata: Olah : meramu, memproses Raga: fisik, tubuh, seluruh komponen atau sistem tubuh manusia

Pendapat para ahli yang mendefinisikan olahraga dari segi sosial;

1. Melchiori dalam bukunya;

Olahraga adalah disiplin yang dikenakan terhadap jiwa, dan meneruskannya ke badan dengan mengunakan teknik yang cocok yang bertujuan membebaskan diri dari layanan mekanis dunia fisik

2. Carl Diem

olahraga adalah kegiatan berwibawa, permainan yang bernilai, dilaksanakan dengan tekun sesuai dengan peraturan serta mengintegrasikan kepribadian, mengunggah kesempurnaan dan berusaha mencapai hasil yang setinggi-tingginya.

Hubungan olahraga dengan kebutuhan hidup Manusia

Manusia adalah mahluk yang berakal budi dan  memiliki perasaan, sedangkan olahraga dilahirkan oleh adanya manusia. Secara ekonomis kebutuhan manusia secara primer dan sekunder. Manusia tidak pernah puas dengan apa yang dimilikinya. Setiap hari manusia beraktivitas untuk kebutuhan sandang dan papan. Bertapa sibuknya aktivitas manusia lalu melupakan kesehatan secara jasmani maupun rohaninya.

Tentu melalui kegiatan olahraga manusia dapat dapat meningkatkan derajat kesehatan untuk kelangsungan hidupnya dan manusia harus memperhatikan kebutuhan rohani. Kesimpulannya bagaimana manusia menempatkan olahraga sebagai bagian dari kebutuhan hidup yang terpenuhi.

4 Tujuan Berolahraga yaitu:

 1. Meningkatkan kesegaran jasmani
 2. Meningkatkan keterampilan motorik
 3. Mempertajam pengetahuan
 4. Tujuan sosial

Dampak latihan terhadap kebugaran jasmani sebagai berikut;

1. Meningkatkan kemampuan jantung dan paru-paru
2. Memperkuat sendi dan otot
3. Menurunkan tekanan darah
4. Mengurangi lemak
5. Memperbaiki bentuk tubuh
6. Memperbaiki kadar gula darah
7. Mengurangi risiko penyakit jantung koroner
8. Memperlancar peredaran darah
9. Memperlancar produksi hormon

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa manusia harus menempatkan olahraga sebagai bagian dari kebutuhan hidup hingga akhir zaman.

Penulis

Comments

Popular posts from this blog

Contoh:Tanya Jawab dan Ulang Janji, Pelantikan Anggota Baru dan Penegak Bantara Gerakan Pramuka

Tanya Jawab dan Ulang Janji Pelantikan calon Pramuka Penegak Gugus Depan 0407-0408 SMA N 1 Fatuleu Tahun 2018
Dengan Rahmat Allah Yang Maha Kuasa pada Hari ini, Minggu 28 Oktober Tahun 2018, Atas Nama Gerakan Pramuka Gugus Depan 0407-0408 SMA N 1 FATULEU:
Pembina:
siap dan bersediakah adik-adik untuk dilantik menjadi calon Pramuka Penegak, serta bersediakah mengabdi tampa pamrih demi kemajuan gerakan pramuka Ambalan SMA NEGERI 1 Fatuleu?
Calon Penegak:
siap...bersedia

Baca Juga:
Ingin Membuat Website//blog punya Sendiri, Beli Domain Gratis dan Termurah di Domosquare.com
Pembina:
Sebelum pengucapan Janji dimohon kesediaan adik-adik menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
Pembina: Bersediakah adik-adik mengabdi dan berbakti kepada bangsa dan Negara indonesia
Calon penegak: siap Bersedia..!
Pembina: Siapakah adik -adik sekalian ikut serta dalam membangun masayarakat serta bertanggungjawab, berdisiplin ilmu dan berwatak Pancasila?
Calon Penegak: siap..bersedia
Pembina: Bersediakah adi…

10 Ciri-ciri Anak Sehat & Tanda-tanda Gangguan Kesehatan

Pernahkah anda tau, bahwa anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan sesuai dengan usianya, dan sebaliknya anak mengalami ganguan kesehatan baik secara jasmani maupun mental. Anda sebagai orang tua harus mengetahui secara pasti berkaitan perkembangan dan pertumbuhan anak anda.
Oleh karena itu di bawah ini akan dijelaskan secara ringkas berkaitan dengan ciri-ciri anak sehat dengan tanda -tanda gangguan kesehatan pada anak
A.ciri-ciri anak sehat yaitu: 
1.Berat badan dan tinggi badan secara teratur 2.Tangkas gesit dan gembira 
3.Mata bersih dan bersinar
4.Nafsu makan baik serta bibir, lidah dan pernafasan tidak berbau 
5.Waktu istirahat secara teratur
 6.Kulit dan rambut bersih serta tidak kering 
7.Emosional

Baca Juga: Sebanyak 8946 Calon Peserta PPG Tahap 3 Sudah Konfirmasi

Baca Juga:Memilih Hukuman Fisik atau Tanpa Kekerasan Dalam Pendewasaan Anak Didik

Baca Juga:Pengumuman Hasil Seleksi PPPK Taha 1 Prov. NTT 2019
B.Tanda-tanda gangguan kesehatan pada anak yaitu: 
1.lekas lelah dalam …

Contoh Soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP), CPNS Tahun 2019

Semoga Anda Sukses Lolos CPNS 2019
CONTOH SOAL TKP HOTS 1

1. Pagi ini seperti biasanya anda selalu sibuk dengan rutinitas di pekerjaan sebagai seorang customer service pada sebuah rumah sakit pemerintah. Ketika anda sedang asik bekerja datanglah seorang ibu-ibu tua yang ingin menanyakan prosedur penggunaan BPJS kesehatan untuk proses rawat inap anaknya yang sedang sakit dan membutuhkan perawatan secepatnya agar sakitnya tidak bertambah parah, Setelah anda menjelaskan panjang lebar dengan bahasa yang mudah dimengerti beberapa kali kepada sang ibu namun ternyata ibu tersebut tampak sangat kebingungan dan mengatakan bahwa dia tidak mengerti sama sekali dengan prosedur yang anda jelaskan, bagaimana sikap anda...

A. Menjelaskan secara pelan pelan dengan bahasa yang mudah dipahami oleh ibunya agar dia tahu maksud dari apa yang anda jelaskan

B. Menjelaskan dengan sabar sembari mengajak sang ibu untuk tenang terlebih dahulu agar lebih fokus ketika anda menjelaskan, jika masih kebingungan anda …