Skip to main content

Manfaat Olahraga Untuk Kebutuhan Hidup Manusia


Manfaat Aktivitas Olahraga Untuk Kebutuhan Hidup Manusia
                                     Penulis:Flafianus Jeadun

Slogan pada umumnya mengatakan" Olahraga untuk semua masyarakat", pertanyaan yang muncul, apakah benar slogan tersebut diatas?, apakah selama ini masyarakat menempatkan olahraga sebagai bagian kebutuhan hidup manusia?.

Nampaknya untuk menjawab pertanyaan diatas, masyarakat harus memahami dan menempatkan olahraga sebagai bagian dari kebutuhan dasar yang harus terpenuhi. Untuk meyakinkan bahwa pentingnya berolahraga, tentunya melalui suatu proses yang panjang dan masyarakat harus menjadi pelaku dari kegiatan olahraga sesuai dengan kondisi fisik serta kegemaran dari masyarakat.

Jenis - jenis olahraga yang perlu dicoba dan mendapatkan kegunaannya yaitu:
1. Olahraga rekreasi
 olahraga rekreasi dapat dilakukan oleh semua masyarakat yang tujuannya untuk menambah kesegaran dan keburagaran jasmani. olahraga rekreasi tidak terstruktur dimanapun orang bisa mempraktekanya. Contohnya bisa dilakukan ditempat rekreasi, gedung olahraga dan tempat lainya yang tidak mengganggu ketertiban umum;

2. Olahraga wisata

 olahraga wisata bisa dilakukan ditempat wisata. Misalnya ketika masyarakat berkunjung ke tempat wisata bisa membuat bentuk kegiatan olahraga dan tidak membutuhkan banyak biaya yang dikeluarkan;

3. Olahraga prestasi
olahraga prestasi hanya dilakukan oleh masyarakat  yang menekuni salah satu cabang.  olahraga dengan tujuan mendapatkan prestasi dan menghasilkan uang. Contohnya atlet- atlet yang profesional.

Pada prinsipnya seluruh kegiatan olahraga harus berorientasi untuk kebugaran jasmani dan juga keseimbangan dari sisi rohani. Motto olahraga yang sering kita dengar dan mungkin masyarakat sudah memahami secara mendalam yaitu "Mensano in coperasano" artinya didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat", kebutuhan jasmani dan rohani merupakan suatu kesatuan yang utuh serta tidak dapat dipisahkan dari kebutuhan hidup manusia.

Berbagai fenomena untuk menjawab tantangan dalam melakukan aktifitas Olahraga, oleh karena itu kita sebagai masyarakat pencinta olahraga harus memahami apa makna atau arti olahraga.

olahraga dapat diartikan semua kegiatan manusia yang melibatkan seluruh komponen fisik yang mengakibatkan lelah, letih, lesu senang dan gembira
secara teknologi olahraga berasal kata: 
Olah : meramu, memproses
Raga: fisik, tubuh, seluruh komponen atau sistem tubuh manusia

Pendapat para ahli yang mendefinisikan olahraga dari segi sosial;

1. Melchiori dalam bukunya;
Olahraga adalah disiplin yang dikenakan terhadap jiwa, dan meneruskannya ke badan dengan mengunakan teknik yang cocok yang bertujuan membebaskan diri dari layanan mekanis dunia fisik

2. Carl Diem
olahraga adalah kegiatan berwibawa, permainan yang bernilai, dilaksanakan dengan tekun sesuai dengan peraturan serta mengintegrasikan kepribadian, mengunggah kesempurnaan dan berusaha mencapai hasil yang setinggi-tingginya.

Hubungan olahraga dengan kebutuhan hidup Manusia

Manusia adalah mahluk yang berakal budi dan  memiliki perasaan, sedangkan olahraga dilahirkan oleh adanya manusia. Secara ekonomis kebutuhan manusia secara primer dan sekunder. Manusia tidak pernah puas dengan apa yang dimilikinya. Setiap hari manusia beraktifitas untuk kebutuhan sandang dan papan. Bertapa sibuknya aktifitas manusia lalu melupakan kesehatan secara jasmani maupun rohaninya. 
Tentu melalui kegiatan olahraga manusia dapat dapat meningkatkan derajat kesehatan untuk kelangsungan hidupnya dan manusia harus memperhatikan kebutuhan rohani. Kesimpulannya bagaimana manusia menempatkan olahraga sebagai bagian dari kebutuhan hidup yang terpenuhi.

4 Tujuan Berolahraga yaitu:
 1. Meningkatkan kesegaran jasmani
 2. Meningkatkan keterampilan motorik
 3. Mempertajam pengetahuan
 4. Tujuan sosial

Dampak latihan terhadap kebugaran jasmani sebagai berikut;
1. Meningkatkan kemampuan jantung dan paru-paru
2. Memperkuat sendi dan otot
3. Menurunkan tekanan darah
4. Mengurangi lemak
5. Memperbaiki bentuk tubuh
6. Memperbaiki kadar gula darah
7. Mengurangi risiko penyakit jantung koroner
8. Memperlancar peredaran darah
9. Memperlancar produksi hormon

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa manusia harus menempatkan olahraga sebagai bagian dari kebutuhan hidup hingga akhir zaman.

Penulis

Comments

Popular posts from this blog

Pelantikan Pengurus Osis dan Pengurus MPK SMA NEGERI 1 FATULEU Tahun 2018

Oelmasi-wartaloha. com. Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Fatuleu Telah melantik Pengurus Osis periode 2018-2019. Pelantikan berlansung pada hari Senin, 24 September 2018, dilapangan SMA Negeri 1 Fatuleu. 
Upacara pelantikan dibuka oleh kepala sekolah SMA N 1 Fatuleu, dalam sambutannya, Drs. Ambrosius Pan menyatakan,  "Osis merupakan organisasi yang ada di sekolah ini, sehingga saya berharap badan pengurus Osis yang baru bisa menjalankan tugas dengan baik secara kronologis dan sinkron dengan semua program yang ada di sekolah dan juga program Osis harus bisa membawa perubahan bagi perkembangan sekolah kita dan ditularkan dengan baik. Pada kesempatan ini juga saya menyampaikan ucapan terimakasih kepada  pengurus Osis yang lama yang telah melaksanakan tugas dengan baik, walaupun masih ada kekurangan dalam menjalankan tugas selama ini terutama berkaitan dengan eksistensi kita di tingkat propinsi", ujar Kepala Sekolah.
Pada kesempatan yang sama juga ketua Osis terpilih Emanuel Yudi…

Apakah Anda Belum Mahir Menjadi Pembina PRAMUKA?, Mungkin Ini solusinnya!

Kurikulum 2013 mewajibkan Kegiatan pramuka diseluruh sekolah di tanah air. Pramuka menjadi kegiatan ekstra kurikuler wajib yang harus dilaksanakan disetiap sekolah mulai dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas/Madrasah bahkan sampai Perguruan tinggi, kebijakan tersebut tertuang dalam
Keputusan Presiden RI Nomor 238 Tahun 1961 berbunyi: bahwa Gerakan Pramuka sebagai kelanjutan dan Pembaharuan Gerakan Kecanduan Nasional serta bertanggungjawab atas kelestarian Negara Kesatuan Republik Indonesia yang di topang oleh empat Pilar wawasan Kebangsaan, yaitu
1. Ideologi Pancasila
2. Undang-Udang Dasar 19945
3. Bhineka Tunggal Ika
4. Negara Kesatuan Republik Indonesia
Dengan asas Pancasila, Gerakan Pramuka Menyelenggarakan Pendidikan kaum Muda Sebagai kaderisasi Kepemimpinan Masa depan bangsa dan negara.
Untuk memperjelas arah dan eksistensi Gerakan Pramuka di indonesia, maka dibentuk Undang-undang Gerakan Pramuka Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka adalah organisasi yang menyel…

Dinamika Pemilihan Ketua Osis SMA NEGERI 1 FATULEU Tahun 2018, Berlansung Alot, layaknya Pemilihan Umum

Oelmasi, wartaloha.com- SMA Negeri 1 Fatuleu telah memilih Ketua Osis yang baru, Jumat, 14 September tahun 2018, berlansung di Aula SMA NEGERI 1 FATULEU, mulai pukul 10.00 WIT hingga pukul 15.00 WIT.

Sejumlah pesertadidik serta Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, pembina Osis, Pembina Pramuka SMA NEGERI 1 FATULEU turut hadir dalam Rapat Umum Anggota  (RUA), untuk memilih Ketua Osis periode 2018/2019. Dalam Arahan Kepala Sekolah SMA NEGER1 1 FATULEU, Drs. Ambrosius Pan  mengatakan;

"Pesan saya, yang menjadi calon Ketua Osis harus prestasi secara akademik serta memiliki sikap dan prilaku yang baik dan saya juga mengucapkan terimakasih untuk Ketua Osis periode 2017/2018, yang telah melaksanakan tugas dengan baik".

OSIS merupakan organisasi tingkat sekolah yang tujuannya mengasah kemampuan dan bakat yang dimiliki siswa, sehingga menjadi siswa yang berkarakter dan mampu berorganisasi dengan baik. 
SMA Negeri 1 Fatuleu, melaksanakan pemil…