Media Berwawasan dan Berbudaya

Thursday, 2 August 2018

Hasil Penelitian Model - Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMA Negeri 2 Kupang, Tahun 2011

| Thursday, 2 August 2018
Hasil penelitian tentang MODEL-MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI

          ABSTRAKSI

FLAFIANUS JEADUN,,,NIM.., TIJAUAN TENTANG MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SMA NEGERI 2 KUPANG. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Artha Wacana, Dosen Pembimbing 1, 2, tulis nama dosen

Model pembelajaran pendidikan jasmani yang dilaksanakan di SMA N 2 Kota Kupang belum dapat meningkatkan Kreatifitas dan kesegaran jasmani Peserta didik. Oleh karena itu model pembelajaran yang dilaksanakan terus sangat perlu diperbaharui sesuai dengan perkembangan peserta didik dan perubahan kurikulum.

Kenyataan yang ada merupakan suatu masalah bagi saya untuk perlu dilakukan penelitian, untuk mengetahui sejauh mana kreatifitas guru dalam mengembangkan model pembelajaran yang menarik minat siswa dalam pembelajaran dikelas. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara serta dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan pendekatan naturalistik.

Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Berdasarkan hasil penelitian dengan teknik pengumpulan data tersebut maka hasil penelitian menunjukan bahwa guru Pendidikan jasmani SMA N 2 Kota kupang mengunakan model pembelajaran lansung, dimana sintaks atau langkah pada model pembelajaran lansung dominasi guru cenderung lebih dari sisiwa, serta siswa hanya menunggu perintah dari guru. Ini berdampak pada kurang kreatifitas siswa dalam proses pembelajaran.

Dominasi guru dalam dalam pembelajaran mengakibatkan siswa hanya sebagai penonton. Masalah tersebut berbanding terlabalik dengan tujuan kurikulum nasional yang mengamanatkan siswa harus lebih aktif. Dalam hasil dokumentasi penelitian perangkat mengajar yang pakai guru penjaskes terdiri program tahunan, program semester, analisis minggu efektif, KKM, silabus, dan RPP. Dari hasil penelitian diatas disarankan kepada guru penjas SMA Negeri 2 kota kupang harus memperbaharui model pembelajaran sesuai dengan tuntutan jaman dan perkembagan peserta didik.

catatan: tulisan diatas merupakan hasil penelitian berdasarkan metode kajian ilmah sebagai prasyarat untuk menyelesaikan pendidikan sarjana, demikian.......


Peneliti

Related Posts

No comments:

Post a Comment